fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Tips Perawatan Radiator Mobil Agar Tidak Rusak dan Bocor
Article 01

Apa hal yang paling diingat dari radiator mobil? Benar, komponen ini bertugas menstabilkan suhu mesin mobil agar tidak overheat. Berbekal pendingin yang bernama coolant, radiator kemudian menetralkan suhu mesin.

Karena radiator sangat penting untuk performa mesin dan mobil secara keseluruhamm komponen perlu dijaga dengan baik. Lalu, bagaimana melakukannya? Berikut tips perawatan radiator mobil yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Ketahui Komponen yang Jadi Penyebab Temperatur Mobil Cepat Panas

Baca juga: Bikin Panas, Ini Penyebab dan Periksa Kondisi AC Mobil Saat Macet

1. Faktor cairan pendingin

tips-perawatan-radiator-mobil-agar-tidak-rusak-dan-bocor

Salah satu tips perawatan radiator mobil yang paling sederhana adalah dengan mengontrol volume cairannya. Volume ini akan menentukan nantinya seberapa besar peran radiator untuk menetralkan suhu mesin mobil.

Jika berkurang, tentu saja otomatis suhu mobil akan panas, atau bahkan bisa saja overheat. Nah, dari sini, kamu bisa mengukur batasan volume air pada radiator melalui indikatornya.

Jadi, agar suhu mesin mobil tidak terlalu panas, perhatikan selalu untuk melihat volume cairan radiator ya.

2. Cek tangki radiator

tips-perawatan-radiator-mobil-agar-tidak-rusak-dan-bocor

Tangki radiator adalah salah satu komponen yang memang wajib untuk dirawat. Cara paling sederhana untuk melakukan hal ini adalah dengan menguras dan kemudian membersihkan tangki.

Tujuannya sederhana agar tangki tetap sehat setelah bersentuhan dengan komponen-komponen logamnya. Jika kamu belum piawai melakukannya, kamu bisa booking servis layanan di bengkel untuk membersihkan komponen yang satu ini.

Namun, jika kamu bisa melakukannya sendiri, tangki radiator wajib dibersihkan sebanyak dua kali dalam satu bulan.

3. Rajin membersihkan komponen

tips-perawatan-radiator-mobil-agar-tidak-rusak-dan-bocor

Radiator pun terdiri dari kompomen-komponen lain yang mendukung cara kerjanya. Oleh karena itu, kamu juga wajib untuk membersihkan komponen-komponen lainnya ini.

Mulai dari penutup hingga karet penyambung yang menutup radiator juga wajib dibersihkan. Bagian udara dan pompa yang terhubung dengan cara kerja radiator juga wajib dibersihkan.

Jika terlalu kotor dan jarang dibersihkan, maka pendingin yang bekerja untuk menetralkan suhu mesin tidak akan bekerja.

Bagian lain yang wajib untuk diperhatikan adalah bagian selang. Tak jarang bagian ini kerap terpapar tekanan air dan bisa saja bocor. Jika terjadi kerusakan, segera lakukan pergantian. Menambal bagian-bagian kerusakan atau bagian yang bocor justru akan membuat fungsi radiator berjalan tidak baik.

4. Ganti cairan radiator

tips-perawatan-radiator-mobil-agar-tidak-rusak-dan-bocor

Mengganti cairan radiator adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pihak pabrikan biasanya sudah memberikan rekomendasi ini ketika pertama kali kamu membeli mobil.

Nah, cairan ini harus diganti secara berkala. Cairan yang dikenal dengan coolant ini disiapkan untuk membersihkan kotoran hingga karat yang menempel di radiator.

Tak hanya itu, cairan juga mampu menjaga suhu atau temperatur mobil agar tidak terlalu panas atau bahkan overheat.

Menjaga kondisi radiator mobil

tips-perawatan-radiator-mobil-agar-tidak-rusak-dan-bocor

Selain melakukan perawatan terhadap radiator mobil, kondisi lain dari komponen yang satu ini juga wajib untuk diperhatikan. Sepele, namun jika diabaikan, bisa merusak radiator mobil kamu. Apa saja ya?

Air keran tidak direkomendasikan

Pengisian air radiator tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah satu hal yang masih cukup sering dilakukan adalah mengisi air radiator dengan menggunakan air keran.

Jika ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin mineral yang tersimpn di air kerah akan menyebabkan terjadinya korosi pada tangki radiator.

Oleh karena itu, jangan sembarangan melakukan pengisian air untuk radiator. Terlebih lagi, air radiator tidak bisa diisi dengan aie keran.

Baca juga: 5 Penyebab Air Radiator Mobil Tidak Bekerja dan Terasa Bocor

Baca juga: Air Radiator Mobil Jadi Mendidih? Kenali 5 Penyebabnya

Tutup radiator itu penting!

Lagi-lagi ini mungkin terlihat sepele. Namun, tutup radiator adalah hal yang sangat penting. Pastikan untuk selalu menutup radiator dengan rapat setelah emngisi cairan atau bahkan membersihkannya.

Menutup radiator dengan rapat akan membantu agar coolant tidak bocor ketika harus berhadapan dengan suhu mesin yang panas. panas. Mudahkan, menjalankan tips perawatan radiator sendiri agar tetap awet.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga