fbpx Carsworld
Tips Merawat Suspensi Mobil ? Kenali Dulu Gejala Kerusakannya
Article 01

Tidak diragukan lagi, salah satu kunci mobil yang sehat adalah karena kehadiran komponen mobil bernama suspensi. Penting tentunya untuk merawat suspensi mobil karena beberapa fungsinya memberikan kenyamanan pengendara dan penumpang di dalam Mobil hingga hal teknis seperti meredam getaran yang dihasilkan kendaraan.

Namun, jika mobil terus digunakan, bukan tak mungkin suspensi pun mengalami kinerja yang menurun, dan jika dbiarkan, cenderung akan membuat komponen mobil yang satu ini akan rusak.

Nah, buat kamu yang sedang di rumah aja, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang suspensi mobil. Salah satunya adalah mengenali ciri-ciri suspensi yang sudah menurun kinerjanya.

Berikut beberapa ciri-ciri suspensi mobil yang kinerjanya sudah mulai menurun.

Baca juga: Cek 5 Bagian Komponen Kaki-kaki Mobil yang Rawan Rusak

1. Suara berdecit ketika melewati tanjakan

Ciri pertama yang membuat kinerja suspensi menurun adalah ketika mobil yang kamu kendarai melewati tanjakan. Pernahkah kamu mendengar suara mobilmu berdecit ketika melewati tanjakan?

Nah, itu pertandanya kinerja suspensi mobil sudah mulai menurun. Hal ini juga jadi pertanda kalau suspensi mobil tidak bisa meredam guncangan yang terjadi ketika mengendarai mobil.

2. Sulit mengerem

Kondisi suspensi mobil yang menurun berikutnya akan terlihat ketika kamu mulai merasakan sulit untuk mengerem mobil secara maksimal. Proses redam dan tekanan ban yang berkurang juga bergantung pada suspensi mobil. Jadi, pastikan kamu segera memeriksa suspensi mobil ketika sudah merasakan sulitnya untuk mengerem secara maksimal.

3. Suspensi bocor

Selama di rumah aja, ini adalah saat yang tepat untuk melihat kondisi suspensi mobil. Jika melihat suspensi dipenuhi oli, maka hal ini bisa jadi disebabkan karena karet suspeni yang sudah robek. Jadi, disarankan untuk segera mungkin menggantinya dengan yang baru.

Belum pede mememperbaikinya sendiri, kamu bisa menggunakan jasa teknisi dari Carfix yang akan datang ke rumah kamu untuk melakukan servis mobil di rumah aja. Pesan sekarang di aplikasi Carsworld ya.

4. Bodi mobil tidak stabil

Mobil kamu terasa miring atau posisi badan mobil terasa tidak stabil saat melewati tanjakan? Artinya, suspensi mobil memang bermasalah. Tak ada salahnya jika terus melakukan pengecekan komponen mobil yang satu ini, sebelum kamu bepergian nantinya.

Apalagi, selama di rumah aja, kamu bisa lebih leluasa melakukan pegecekan sendiri dan melihat kondisi pada bagian suspensi mobil secara langsung kan.

Tips Agar Suspensi Mobil Jadi Nyaman

Nah, agar mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan pada bagian suspensi mobil, Carsworld membagikan beberapa tips merawat suspensi mobil berikut yang bisa kamu lakukan sendiri selama mengendarai mobil.

1. Jangan bawa beban berlebihan

Ketika nanti kamu akan bepergian pastikan untuk tidak membawa beban yang berlebihan. Biasanya, setiap pabrikan mobil sudah merekomendasikan seberat berat batang yang mampu ditampung oleh sebuah kendaraan.

Jadi, pastikan kamu mengenali terlebih dahulu mobil yang kamu kendarai beserta beban yang disarankan untuk mobil.

2. Cek selalu tekanan angin ban

Salah satu hal yang masih dianggap sepele, namun justru jika dibiarkan bisa berbahaya. Pastikan tekanan angin pada mobil juga sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Hal ini dikarenakan, ban mobil memiliki fungsi untuk meredam getaran sebelum dilanjutkan pada bagian suspensi.

3. Perhatikan kecepatan di jalan rusak

Ini juga salah satu hal yang kerap disepelekan. Jika jalanan rusak, pastikan untuk mengurangi kecepatan mobil. Jika tidak mengurangi kecepatan, maka getaran yang dihasilkan oleh mobil akan merusak suspensi.

Bahkan lebih buruknya lagi, ban mobil pun bisa lebih rusak. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengurangi kecepatan jika kamu sedang megnendarai mobil di tengah jalanan yang rusak, seperti di beberapa jalanan yang ada di Indonesia.

4. Parkir di tempat rata

Parkir pun bukan di sembarang tempat. Jika kamu ingin memarkirkan mobil dengan baik, pilihlah di tempat yang punya landasan rata. Jika tidak salah satu suspensi mobil akan menahan beban yang besar dibandingkan suspensi lainnya.

Jika ini terus dibiarkan, nantinya akan membuat suspensi menjadi lebih cepat rusak. Jadi, pastikan untuk selalu parkir di tempat yang rata ya.

Jadi, mudah kan merawat suspensi mobil kamu sendiri.

Artikel Rekomendasi

Baca juga