fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Tips Merawat Rem Mobil Demi Menjaga Keamanan Berkendara
Article 01

Tak bisa dipungkiri, penggunaan rem pada mobil berfungsi untuk mengendalikan pergerakan kendaraan. Oleh karena itu merawat rem mobil pun harus menjadi sebuah syarat wajib pemilik mobil.

Meskipun tidak semua pemilik mobil bisa melakukan perawatan rem dengan baik, namun beberapa langkah berikut ini bisa meminimalisir tergerusnya fungsi rem.

Lalu, apa saja hal yang mesti dilakukan untuk merawat rem mobil? Berikut tips sederhana merawat sistem rem mobil.

Baca juga: Bukan Cuma Suara Berdecit, Ini Tandanya Rem Mobil Mulai Rusak

1. Cek berkala sistem rem

Sudah hampir pasti, perawatan rem selalu dinajurkan oleh pemilik kendaraan untuk dilakukan secara berkala. Beberapa pabrikan bahkan merekomendasikan pengecekan rem dilakukan ketika mobil sudah menemuh jarak hingga 10.000 km. Bahkan untuk bagian hidrolik pada rem, pemeriksaan dilakukan ketika kendaraan sudah menemuh jarak hingga 40.000 km.

Jika belum paham dengan sistem rem, sebaiknya pemilik mobil wajib untuk membawanya ke bengkel dan berkonsultasi dengan mekanik atau montir yang berpengalaman dan profesional untuk mengetahui kondisi rem mobil itu sendiri.

2. Pergantian minyak rem

Sama seperti mesin, rem pun punya pelumas. Pengecekan dan pergantian minyak rem sangat penting dilakukan. Beberapa pabrikan mobil memberikan rekomendasi untuk mengganti minyak rem setiap 20.000 km. Ganti minyak rem setiap 20.000 km atau 2 tahun.

Hal ini mendakan bahwa minyak rem pun sudah mulai tergerus atau bahkan untuk melakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran rem.

3. Gunakan pembersih rem

Perawatan lain yang bisa kamu lakukan sendiri adalah dengan menggunakan pembersih rem. Debu atau kotoran memang bisa hingga di bagian-bagian komponen yang menunjang kinerja rem.

Bahkan tidak mungkin kerikil-kerikil kecil pun bisa hingga di bagian tersebut. Oleh karena itu bersihkan rem dari debu, kotoran hingga kerikil-kerikil kecil yang tersangkut. Jika perlu, gunakan pembersih rem di beberapa bagian komponen seperti brake pad atau rotor disc.

4. Perilaku menggunakan rem

Perilaku berkendara pun sangat penting untuk diaplikasikan. Khususnya perlikau menggunakan rem untuk masing-masing jenis rem yang ada di mobilnya.

Misalnya, bagi pemilk mobil dengan sistem rem ABS tentunya harus mampu mengendalikan rem dengan baik. Teknik menginjak dan melepas pedal rem secara perlahan dengan melihat kecepatan mobil perlu dilakukan.

Jadi, jangan hanya menginjak rem mobil asal-asalan yang kemudian memengaruhi kinerja rem tersebut di kemudian hari.

5. Pergantian komponen rem

Jika dirasa ada yang sudah tak maksimal dari masing-masing komponen rem, segera lakukan pergantian. Hal ini terjadi karena kondisi rem mobil yang tentunya berbeda-beda.

Misalnya saja, jika ditemukan getaran saat mengerem, suara decitan hingga pedam rem yang harus diinjak sangat dalam adalah pertanda kenapa komponen rem harus mulai diganti.

Baca juga: 5 Rutinitas yang Bikin Mobil Tetap Prima Meski Jarang Digunakan

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga