fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Tips Merawat Ban Mobil Menjelang Tibanya Musim Hujan
Article 01

Selain mobil yang kotor, apa hal lain yang perlu diperhatikan ketika mengendarai mobil saat musim hujan? Salah satunya adalah perawatan ban. Meskipun terlihat baik-baik saja, namun dibutuhkan satu tips merawat banmusim hujan untuk mobil.

Selain mengamati suasana jalanberikut persiapan perawatan ban yang wajib kamu lakukan menjelang musim pemghujan tiba.

Berikut beberapa tips dari Goodyear Indonesia untuk dapat membantu pengemudi menjaga ketahanan ban agar lebih tahan lama:

Baca juga: Fakta dan Perbedaan Pengisian Tekanan Udara Pada Ban Mobil

Baca juga: Jika dibiarkan 5 Kerusakan Pada Ban Mobil Ini Bisa Berakibat Fatal

1. Tekanan udara

tips-merawat-ban-mobil-menjelang-tibanya-musim-hujan

Hal pertama yang jadi tips perawatan ban mobil di musim hujan adalah dengan memeriksa tekanan udara ban. Tekanan udara ini punya dampak yang besar bagi ban mobil.

Sebagai ilustrasi, jika ban mobil kekurangan tekanan angin, maka bagian luar telapak ban akan aus.

Sementara itu, jika tekanan angin berlebih, maka dapat menyebab berat yang tidak merada pada keseluruhan ban. Jika kedua kombinasi ini menyatu, maka akan memperpendek umur ban. Hal ini tentunya sesuatu yang sangat berbahaya bagi keamanan berkendara ketika di musim hujan.

2. Balancing

tips-merawat-ban-mobil-menjelang-tibanya-musim-hujan

Balancing adalah hal yang penting dilakukan sebelum musim hujan. Apalagi, bagi pemilik mobil yang kerap melewatkan perawatan berkala yang satu ini.

JJika tidak, maka usia ban akan menjadi lebih singkat. Keuntungan dari balancing sendiri akan menjaga keseimbangan dari ban dan memperpanjang usia pakaianya.

3. Cek telapak ban

tips-merawat-ban-mobil-menjelang-tibanya-musim-hujan

Tips perawatan ban mobil di musim hujan berikutnya adalah dengan mengecek kondisi telapak ban setiap hari. Selalu periksa apakah ada benda-benda tajam yang menempel di ban atau kerikil kecil yang menyelip di antara permukaan ban.

Jika ini terdapat di mobil kamu, sediakan selalu waktu untuk membersihkan kotoran-kotoran ini dari telapak ban.

4. Ban cadangan

Keempat, lakukan perbaikan dan siapkan ban cadangan. Apa pun kondisinya, bahkan di saat musim hujan sekalipun, ban cadangan pun perlu disiapkan.

Hal ini bertujuan, jika terjadi sesuatu pada ban kamu ketika musim hujan tiba, persiapan untuk menggantinya pun bisa dilakukan sesegera mungkin. Mudahkan, menyiapkan tips merawat ban musim hujan sendiri

Baca juga: Selain Tekanan Angin, Ini Penyebab Ban Mobil Mudah Pecah

Baca juga: Ban Mobil Benjol? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Carsworld menyediakan layanan pemesanan bengkel mobil terdekat secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi
Punya Mobil Pintu Sliding? Begini Cara Perawatannya
Punya Mobil Pintu Sliding? Begini Cara Perawatannya

Seperti ini cara perawatan mobil dengan model pintu sliding baik yang manual maupun elektrik

Ini Sebabnya Setir Mobil Manual Sulit Dikendalikan dan Terasa Berat
Ini Sebabnya Setir Mobil Manual Sulit Dikendalikan dan Terasa Berat

Meskipun mobil dengan transmisi matic kian menjamur, namun bukan berarti mobil dengan transmisi manual ditinggalkan. Akan tetapi beberapa kendala sederhana untuk mengendalikan mobil manual yang kerap terjadi adalah soal setir mobilnya. Lalu, apa yang jadi penyebab setir mobil manual terasa berat? Bahkan, ketika mobil manual ini sudah dilengkapi dengan power steering sekalipun? Berikut beberapa diantaranya. […]

Baca juga