fbpx Carsworld
Tips Membeli Mobil Bekas di Masa “New Normal” 2020
Article 01

Industri otomotif diprediksi membaik setelah hantaman pandemi ini. Salah satunya adalah geliat membeli mobil bekas. Namun, memilih mobil bekas yang harganya terhitung diskon besar-besaran di masa sekarang pun tidak bisa sembarangan.

Istilahnya, butuh "tips membeli mobil bekas 2020" tersendiri dan bisa diaplikasikan langsung kepada masyrakat yang ingin beli mobil bekas dan murah.

Selain memperhatikan harga, kolometer hingga apakah memilih transmisi manual atau matik, berikut beberapa tips yang bisa kamu pilih.

Baca Juga: 5 Cara untuk Memastikan Beli Mobil Bekas Jadi Lebih Aman

Baca Juga: 10 Mobil Bekas Termahal, Didominasi Ferrari Bernilai Ratusan Miliar

1. Pentingnya catatan servis

tips-membeli-mobil-bekas-di-masa-"new-normal"-2020

Sekalian melihat-lihat mobil bekas yang kamu pilih, jangan lupa untuk menanyakan catatan servis atau sejarah servis mobil bekas yang akan kamu pilih.

Apa saja yang sudah diservis, di bengkel mana dan bahkan sangat penting untuk mengetahui part-part detil yang sudah di servis pada bagian mobil itu.

Catatan servis ini menjadi penting, untuk mengatahui apakah mobil bekas yang kamu beli selalu melakukan servis berkala agar kondisinya selalu prima. Dari sini, kamu sudah bisa memilih mobil bekas mana yang akan kamu beli.

2. Kapasitas kabin

tips-membeli-mobil-bekas-di-masa-"new-normal"-2020

Perhatikan kapasita kabinnya. Toh, di masa sekarang, jaga jarak tetap menjadi suatu upaya yang penting dan mungkin saja akan berlangsung dalam waktu yang panjang.

Oleh karena itu, ketika akan membeli mobil bekas, pastikan untuk mengetahui kondisi kabin penumpang yang akan kamu pilih. Mobil-mobil berjenis MPV seperti Toyota Avanza, Calya hingga Inova bisa menjadi pilihan.

Selain kapasitas kabin yang besar dan mampu mengangkut banyak penumpang, luas kabin ini juga memberikan kesempatan pada pengemudi dan penumpang untuk selalu menjaga jarak.

3. Mesin masih tangguh

tips-membeli-mobil-bekas-di-masa-"new-normal"-2020

Tak bisa dipungkiri, membeli mobil bekas pun harus memastikan apakah mesinnya masih tangguh. Apakah masih bisa digunakan untuk menempuh dalam jarak jauh hingga kecepatan maksimalnya.

Selain itu, perhatikan juga komponen-komponen yang terkait dengan kondisi mesin. Semua catatan ini sebenarnya sudah bisa kamu ketahui ketika memiliki rekam jejak servis mobil tersebut. Jadi, jangan lupa untuk mengecek kondisi mesin mobil.

4. Irit BBM

tips-membeli-mobil-bekas-di-masa-"new-normal"-2020

Beberapa pengeluaran harus dibuatkan strateginya di masa pandemi. Beberapa prioritas harus disusun ulang. Begitu juga ketika akan membeli mobil bekas.

Selain harga, pastikan juga kamu mengetahui dengan cermat apakah mobil bekas yang kamu beli memang benar-benar irit bahan bakar.

Pilihannya bisa saja daftar mobil Toyota yang memang irit bahan bakar. Beberapa diantaranya yang sudah dilengkapi dengan mesin bensin Dual VVT-i yang dikenal irit dalam konsumsi bahan bakar.

5. Kondisi prima

tips-membeli-mobil-bekas-di-masa-"new-normal"-2020

Mesin mobil tentunya bukan satu-satunya tolak ukur bahwa mobil berada dalam kondisi prima. Kamu harus memerhatikan kondisi lain dari mobil tersebut.

Mulai dari eksteior, interior, cat, bagian body hingga komponen-komponen lain yang detil. Hal ini memastikan agar kondisi mobil yang benar-benar kamu beli nantinya tidak akan menimbulkan masalah. Plus perawatan yang tentu saja lebih mudah.

6. Perawatan mudah

Nah, ini adalah salah satu faktir penting lainnya yang tak boleh dilewatkan. Apakah mobil bekas yang akan kamu beli nantinya memiliki perawatan yang mudah untuk dilakukan.

Apalagi, jika mobil membutuhkan servis berkala nantinya. Oleh karena itu, pastikan untuk membeli mobil bekas yang punya suku cadang di berbagai bengkel, serta punya paket servis yang komplit di berbagai bengkel.

Apalagi, perawatan atau servis mobil bekas tidak lagi dijamin dengan harga murah dari beberapa bengkel atau diler. Namun, kamu tentunya bisa menemukan beberapa bengkel lain yang tak kalah dalam menyelesaikan perawatan atau servis mobil.

Berbekal parts terbaik dan original, layanan teknisinya pun tak kalah dari bengkel-bengkel resmi. Masih ragu? Kamu bisa tetap membeli mobil bekas, dan kemudian melakukan perawatan di bengkel-bengkel mobil yang tersedia melalui aplikasi Carsworld. Jadi, sudah siap untuk mencoba tips membeli mobil bekas 2020 versi Carsworld?

Artikel Rekomendasi
7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi
7 Fakta Mitsubishi Pajero, Mulai dari Model Sport Hingga Stop Produksi

Fakta-fakta menarik tentang macam-macam Mitsubishi Pajero, termasuk versi Sport yang rencananya akan disunti mati di Jepang,

4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Recall Mobil di Indonesia
4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Recall Mobil di Indonesia

Fakta fakta recall mobil di Indonesia adalah tentang keselamatan pemilik mobil hingga pergantian komponen gratis

Honda Brio dan Kijang Innova Jadi Merk Mobil Terlaris Juni 2020
Honda Brio dan Kijang Innova Jadi Merk Mobil Terlaris Juni 2020

Daftar mobil terlaris bulan Juni 2020 di Indonesia adalah dengan naiknya posisi penjualan Toyota Alphard mendekati Honda Brio

Baca juga