fbpx Carsworld
Tips dan Pilihan Servis yang Wajib dilakukan Setelah Beli Mobil Bekas
Article 01

Membeli mobil bekas pada saat sekarang memang diiming-imingi dengan berbagai penawaran menarik. Meskipun begitu, ada hal lain yang wajib diperhatikan setelah memiliki mobil bekas. Hal penting tersebut adalah pilihan servis mobil bekas yang akan dilakukan baik saat akan membeli atau setelah pembelian mobil bekas itu sendiri

Riwayat/ servis berkala yang dilakukan pemilik sebelumnya tentu bisa menjadi pertimbangan. Namun, tak salah rasanya kembali melakukan pengecekan hingga pergantian komponen jika dirasa hal tersebut sangat dibutuhkan oleh mobil.

Nah, buat kamu yang sedang mencari mobil bekas, berikut beberapa tios pengecekan hingga pergantian komponen yang sebaiknya dipertimbankan untuk dilakukan.

Baca juga: 6 Tips Memilih Bengkel Servis Mobil di Masa “New Normal”

Pemeriksaan mobil bekas

tips-dan-pilihan-servis-yang-wajib-dilakukan-setelah-beli-mobil-bekas

Selagi pilah-pilih mobil bekas yang kamu inginkan, sebaiknya lakukan pemeriksaan terhadap beberapa komponen mobil berikut ini.

1. Periksa dan Bersihkan Aki

Periksa kondisi aki mobil dan menanyakan berapa usia dari aki mobil adalah hal yang penting. Jika ditemukan tanda-tanda kerusakan, maka lakukan segera perbaikan.

Jika aki terlihat kotor dan bahkan terlihat berjamur, bersihkan dengan caira pembersih khusus untuk aki mobil.

2. Periksa Brake Pad

Salah satu bagian yang sangat penting dalam perawata mobil bekas. Bagian rem yang tentunya sudah sering digunakan dan termakan usia, pastinya akan memberikan pengaruh berupa penurunan kinerja.

Oleh karena itu, selalu periksa berbagai komponen yang terkait re, terutama bagian brake pad. Jangan pernah menunda-nunda jika memang harus dilakukan pergantian komponen yang satu ini.

3. Periksa filter AC

Hampir sama dengan rem, AC punya punya batas usianya sendiri. Bahkan, ketika rajin diservis oleh pemilik sebelumnya, kamu juga harus melihat bagian mobil ini secara detil.

Pemeriksaan paling penting adalah pada bagian filter AC. Cek bagian yang satu ini, dan jika sudah harus diganti, maka lakukan lah pergantian sesegera mungkin.

4. Periksa kondisi ban mobil

Meski tampak terlihat baik-baik saja dari luar, namun kondisi ban mobil pun wajib diperiksa. Daya dan tenaga mesin pada akhirnya akan dialirkan melalui perangkat mobil yang satu ini.

Lakukan pilihan servis mobil bekas yang tepat dengan mengecek kondisi ban. Jika sudah satunya diganti, maka lakukan sesegera mungkin.

5. Periksa ruang bakar

Tumpukan kotoran tidak jarang akan melekat pada baikan ruang pembakaran mesin. Jika sudah terlalu banyak, aliran serta udara pada ruang pembakaran pun berjalan tidak lancar.

Hal ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah terlalu lama digunakan, namun tidak pernah dirawat. Buat kamu yang berencana membeli mobil bekas, pastikan untuk pemeriksaan pada bian ruang pembakaran mesin ini.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk hal ini adalah dengan membuat pilihan servis mobil bekas yang khusus membersihkan tumpukan kotoran ini.

Pergantian komponen mobil

tips-dan-pilihan-servis-yang-wajib-dilakukan-setelah-beli-mobil-bekas

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaki-kaki Mobil yang Bisa Menghemat Biaya Servis

1. Ganti komponen oli

Apa pun kondisi mobilnya. Baru atau pun bekas, oli adalah hal yang sangat penting mobil. Oleh karena pilihan servis mobil bekas pertama yang melibatkan pergantian adalah komponen oli.

Mulai dari pergantian oli, hingga filter oli. Biasanya akan diukur terlebih dahuu untuk melihat apakah oli masih cukup atau tidak. Selain itu, pengecekan warna oli pun sangat penting. Jika sudah menunjukkan kualitas warna yang tidak baik, maka disarankan melakukan pergantian sesegera mungkin.

2. Ganti Busi

Kecil, namun sangat penting bagi keberlangsungan mesin. Namun, jika busi yang seharusnya sudah diganti, namun tidak pernah diganti akan memberikan dampak yang luar biasa.

Disinilah pentingnya pergantian busi, agar kondisi mobil kembali berada dalam tenaga yang prima.

3. Ganti filter

Selain filter AC, hal penting yang harus dilakukan adalah pergantian filter udara. Fungsinya yang bertugas untuk menyaring ke dalam ruang pembakaran mesin, berpotensi sebagai tempat bertumpuknya debu hingga kotoran. Jika sudah waktunya diganti, maka lakukan sesegera mungkin.

4. Ganti Timing Belt

Salah satu komponen yang penting, namun sering dilupakan. Secara umum, komponen ini sudah harus diganti jika mobil sudah menempuh jarak dari 60.000 hingga 100.000 Km.

Hal yang sama tentunya juga terjadi pada mobil bekas yang sudah berusia lebih dari lima tahun dan sudah melebihi jarak tempuh lebih dari 100.000 Km. Oleh karena itu, baik sebelum membeli dan sudah membeli mobil bekas, jadikan komponen Timing Belt sebagai salah satu pilihan servis mobil bekas yang wajib kamu lakukan.

5. Ganti filter bensin dan bersihkan kalibrasi

Bagian penting yang harus mendapatkan perawatan, khususnya untuk mobil bekas. Pergantian filter bensin sebaiknya dilakukan seirama dengan membersihkan kalibrasi injector.

Jika bagian kalibrasi injector sudah bersih dari kotoran, maka ruang udara untuk bahan bakar akan tersaring dengan baik.

6. Pergantian Coolant

Hampir setiap mesin mobil pasti pernah mengalami panas yang berlebih alias overheat. Jika ini terus terjadi, maka komponen yang ada di sekitar mesin pun bisa rusak.

Nah, perawatan mobil bekas yang baik dan bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti bagian coolant. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian radiator sebelumnya. Jika sudah bersih, maka barulah bisa mengisinya dengan coolant yang baru.

7. Tuneup

Tuneup mobil juga bisa disebut sebagai memberikan energi baru kepada mobil. Beberapa bengkel akan selalu memberikan layanan ini sebagai pilihan servis mobil bekas atau pun baru.

Beberapa bagian yang akan diberikan 'energi' baru diantaranya adalah penyetelan ulang bagian celah katup, pengapian, idel pada mesin hingga membersihkan sensor-sensor pada mobil.

8. Spooring dan Balancing

Perawatan mobil tidak akan sempurna jika tidak melakukan spooring dan balancing. Melakukan pengaturan kembali roda dan kaki-kaki mobil agar kembali seimbang dan lurus adalah hal yang wajib dilakukan. Apalagi, ketika kamu membelli mobil bekas.

Servis berkala di bengkel terdekat

tips-dan-pilihan-servis-yang-wajib-dilakukan-setelah-beli-mobil-bekas

Perawatan atau pergantian komponen ini bisa dilakukan di mobil-mobil bekas ini bisa dilakukan di bengkel umum atau bengkel resmi. Dari sekian banyak bengkel, maka pilihan bengkel terdekat pun tak jarang menjadi tujuan.

Namun ada baiknya perawatan di bengkel terdekat pun dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Salah satunya adalah jasa montir yang handal dan juga komponen-komponen yang berkualitas. Jika tidak, mobil bekas tersebut akan selalu berada dalam kondisi yang tidak prima.

Baca juga: 6 Keuntungan Menggunakan Layanan Bengkel Mobil Secara Online

Baca juga: 5 Tips Menyeleksi Layanan Bengkel dan Servis Mobil Online Terbaik

Baca juga: Ini 4 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Bengkel Online

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga