fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Tips Cek Mobil Sebelum Tune UP di Bengkel Terdekat
Article 01

Berencana untuk Tune Up mobil bengkel terdekat? Nah, sebelum kamu melakukan perawatan yang satu ini, ada baiknya untuk mulai melakukan tips sederhana ini terlebih dahulu.

Pengecekan ini sangat sederhana dan tak membutuhkan waktu yang banyal. Apa saja ya komponen-komponen yang harus di cek sebelum Tune Up di bengkel terdekat?

Membersihkan saringan udara

cara-cek-sebelum-melakukan-tips-tune-up-mobil-sendiri

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa bagian filter udara. Cara membongkarnya pun cukup mudah. Jika kamu menemukan filter udara yang sudah kotor, pastikan untuk membersihkannya lagi.

Jika kamu memang berniat membersihkannya, jangan lupa cuci dengan air sabun . Keringkan dan lap dengan kain bersih, dan kemudian pasangkan lagi sesuai dengan posisinya.

Mengecek busi dan kabel busi

Komponen lain yang dapat diperiksa sebelum melakukan perawatan di bengkel mobil terdekat, adalah bagian busi. Jika busi sudah kotor, tak salah rasanya jika dibersihkan.

Namun, jika busi sudah berkarat, tentunya hal ini juga perlu disampaikan pada mekanik atau montir di bengkel terdekat yang akan kamu kunjungi. Apalagi, jika busi sudah berkarat atau bahkan memang sudah dalam kondisi tak layak digunakan, tentunya membutuhkan pergantian.

Jadi, sebelum Tune up mobil di bengkel terdekat, pastikan juga untuk mengecek kondisi busi mobi ya.

Cek kondisi oli mesin

cara-cek-sebelum-melakukan-tips-tune-up-mobil-sendiri

Biasanya pergantian oli mesin adalah salah satu hal bentuk Tune UP mobil yang akan dilakukan di bengkel. Oleh karena itu, sebelum kamu melakukan perawatan ini untuk mobil, pastikan agar untuk mengecek kondisi oli mesin mobil terlebih dahulu.

Jika oli memang sudah sepatunya diganti, maka hal ini bisa dilakukan selama proses Tune UP. Jangan lupa untuk mengecek bagian-bagian pendukun komponen tempat oli. Mulai dari filter, baut penutup dan lain-lainnya.

Cara ini untuk memastikan agar proses Tune UP nantinya berkalan lancar.

Mengecek aki

cara-cek-sebelum-melakukan-tips-tune-up-mobil-sendiri

Bagian lain yang tak kalah penting untuk di cek sebelum Tune UP mobil bengkel terdekat adalah memeriksa kondisi aki mobil.

Caranya pun terbilang mudah karena memeriksa ketinggkan aki ketika menggunakan aki basah. Jika berada di bawah standar, maka aki tidak akan berfungsi maksimal.

Hal ini tentu saja berpengaruh pada bagian kelistrikan mobil. Jadi, ketika sudah sampai di bengkel nanti, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan teknisi atau montir tentang kondisi aki mobil.

Mengecek radiator

cara-cek-sebelum-melakukan-tips-tune-up-mobil-sendiri

Selain cairan aki, hal lain yang perlu di cek adalah cairan pada radiator. Apalagi, fungsinya terbilang fital.

Volume cairan yang berkurang akan berujung pada kejiadian overheat pada baign mesin, dan bahkan merusak cara kerja komponen mobil lainnya.

Selain kondisi cairan pada radiator, bagian-bagian lain pada komponen ini juga wajib diperiksa. Mulai cover, water pump dan tentu saja bagian slang hingga tutup radiator itu sendiri.

Baca juga: Cek 6 Komponen Ini Sebelum Tune Up Mobil Injeksi di Bengkel Terdekat

Baca juga: 4 Cara Mengoptimalkan Performa Mobil Agar Kembali Prima

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis seperti bengkel tune up mobil terdekat. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga