fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Tidak Berfungsi dan Macet, Kenali 4 Penyebab Kerusakan Power Window
Article 01

Bagian penting dari mobil modern di masa kini. namun akan sangat mengesalkan ketika bagian yang satu ini tidak berfungsi dengan baik. Benar, hal ini terjadi ketika bagian jendela kaca mobil yang tidak bekerja dengan baik. Di era modern, ini penggerak kaca mobil berada dalam sistem mobil yang bernama power wndow. Lalu, apa penyebab power window tidak berfungsi atau macet secara tiba-tiba?

Banyak hal yang memengaruhi hal ini terjadi. Salah satunya adalah karena sistem listrik yang tidak berfungsi dengan baik. Namun, selain hal diatas, ada banyak hal lain yang wajib untuk diketahui. Berikut beberapa diantaranya.

1. Sistem motor yang rusak

tidak-berfungsi-dan-macet-kenali-4-penyebab-kerusakan-power-window

Posisinya di bagian dalam dari pintu. Namun, fungsinya sangat besar, karena menjadi penggerak dari power window itu sendiri. Benar, bagian tersebut adalah sistem motor pada bagian power window.

Ketika bagian ini tidak bekerja dengan baik, maka regulator akan menjadi terganggu. Sehingga kaca mobil tidak bisa bekerja dengan baik ketika digerrakkan dengan power window. Selain itu, adanya gangguan arus listrik yang atau korsleting juga bisa menyebabkan sistem motor pada power window tidak bekerja dengan baik.

2. Sekring tak optimal

tidak-berfungsi-dan-macet-kenali-4-penyebab-kerusakan-power-window

Salah satu bagian dari listrik mobil yang punya peranan besar adalah bagian sekring. Sekring ini bertujuan untuk menurunkan risiko terjadinya korsleting.

Nah, berkaitan dengan motor power window tadi, maka sekring punya tujuan besar untuk menjalankan fungsi sistem membuat jendela kaca mobil dapat berjalan dengan baik.

Jika sekring sudah rusak, saatnya untuk memperbaiki bagian ini. Jika diperlukan untuk melakukan pergantian, lakukan sesegera mungkin.

3. Masalah pada saklar

tidak-berfungsi-dan-macet-kenali-4-penyebab-kerusakan-power-window

Selain gangguan pada sekring penyebab Power window tidak berfungsi optimal pada mobil adalah karena saklarnya yang rusak. Lagi-lagi, penyebabnya adalah korsleting yang juga disebabkan oleh motor yang tidak bekerja tadi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan pada bagian ini adalah fungsi plastik saklar yang sudah tidak kuat lagi menunjang pergerakan power window. Jika memang harus diganti, lakukan di bengkel-bengkel terpercaya dengan mekanik dan montir yang bisa dipercaya.

4. Pelumas tidak bekerja

tidak-berfungsi-dan-macet-kenali-4-penyebab-kerusakan-power-window

Pelumas tidak hanya berfungsi untuk mesin mobil. Namun, juga pada power window. Pelumas pada power window dikenal dengan gease.

Permasalahan muncul jika pelumas ini sudah mengeras dan bertumpuk. Jika sudah begini, maka Power Window tidak bisa bekerja dengan baik.

Baca juga: Jangan Anggap Enteng, Ini Cara Bersihkan Wiper Mobil Selama di Rumah

Baca juga: Mengenal Jenis Kaca mobil Berdasarkan Ketahanannya

Baca juga: 4 Adaptasi Kebiasaan Baru Perawatan Mobil yang Wajib dan Rutin Dilakukan

Efektif menggunakan Power Window

tidak-berfungsi-dan-macet-kenali-4-penyebab-kerusakan-power-window


Empat penyebab Power Window tidak berfungsi tadi juga bergantung kepada baimana pemilik mobil mengendalikan bagian yang satu ini. Hal ini lebih merujuk pada kebiasaan menggunakan POwer Window.

Memain-mainkan Power Window tanpa tujuan yang jelas adalah salah satu penyebabnya. Ditambah lagi, jika kondisi kaca sedang basah, dan Power Window digunakan dalam waktu yang tidak tepat.

Plus, Power Window yang sering berada di area yang berdebu akan membuat kotoran mudah merusak cara kerjanya.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store

Artikel Rekomendasi

Baca juga