fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Terus Menyala, Apa yang Jadi Masalah Pada Indikator Aki Mobil
Article 01

Ada banyak lampu indikator yang hadir di bagian dashboard mobil. Lampu indikator ini biasanya kerap diabaikan. Salah satunya adalah ketika indikator aki mobil nyala terus.

Jika hal ini terjadi pada mobil kamu, pastinya akan bertanya-tanya apa yang terjadi sebenarnya pada mobil. Dalam keadaan normal, lampu tersebut lampu indikator aki mobil akan mati setelah mesin menyala.

Namun, ketika sudah dinyalakan dan lampu indikator tetap menyala maka ada yang salah dengan sistem dan komponen mobil. Lalu, apa solusinya, jika lampu indikator mobil terus menyala? Apa yang salah dari semua ini?

Baca juga: 5 Tips dan Cara Merawat Aki Basah Mobil Agar Berfungsi Baik

1. Cek bagian aki

terus-menyala-apa-yang-jadi-masalah-pada-indikator-aki-mobil


Hal pertama yang penting untuk diperiksa adalah bagian aki mobil itu sendiri. Jika tidak, maka bisa menimbulkan keresehan tersendiri. Aki bermasalah, konsekuensinya satu, mesin mobil akan berhenti bekerja.

Jadi, hal yang pertama untu dilihat adalah bagian aki mobil itu sendiri. Apakah bagian yang satu ini punya hubungan yang terganggu dengan komponen-komponen mobil lainnya.

2. Periksa bagian soket

terus-menyala-apa-yang-jadi-masalah-pada-indikator-aki-mobil


Setelah melihat dan memeriksa kondisi aki, pastikan untuk memeriksa bagian soket alternator pada aki. Jika sudah aus atau bahkan kendur, hal ini harus segera diperbaiki.

Jika tidak, aliran listrik tidak akan mengalir dan dinamo alternator, tidak akan bekerja dengan baik. Lebih parahnya lagi efek ini akan menimbulkan gangguan pada Carbon Brush yang terdapat di dalam dinamo alternator.

Jadi, jangan pernah mengabaikan komponen aki mobil yang satu ini ya.

3. Pergantian air aki


Sudahkah kamu memeriksa kondisi air aki pada mobil? Benda cari yang satu ini juga sangat berperan untuk menjaga kondisi aki tetap stabil, bahkan setidaknya mampu menghindari agar indikator aki mobil nyala terus.

Jadi, pastikan apakah air aki sudah diganti atau bahkan tidak melebihi kapasitas dari yang sudah ditentukan.

4. Bagian aki lainnya

Bagian-bagian lain yang juga wajib diperiksa adalah bagian kepala. Jika sudah berkarat atau bahkan korosi, sebaiknya segera diganti dengan yang baru agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar ketika berkendara.

5. Beban kelistrikan mobil

terus-menyala-apa-yang-jadi-masalah-pada-indikator-aki-mobil

Hal berikutnya yang wajib dilakukan adalah tidak menambah beban kelistrikan mobil untuk satu hal yang tidak perlu. Misalnya, menggunakan soundsystem atau unit hiburan yang memerlukan daya tinggi.

Apalagi, jika kebiasan kecil seperti mengisi ulang daya baterai perangkat gawai di mobil pun bisa jadi membuat beban listrik semakin tinggi. Alhasil, aki pun juga ikut terbebani.

Oleh karena pastikan menggunakan daya listrik yang tepat untuk mobil. Lakukan dengan efisien agar aki mobil awet dan tidak menjurus ke arah indikator aki mobil nyala terus

Baca juga: 4 Masalah yang Jadi Penyebab Aki Mobil Soak

Baca juga: Jangan Lupa Servis Mobil di Bengkel Umum dan Resmi Setelah Liburan dan Perjalanan Jauh

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga