fbpx Carsworld
Tak Mudik, Jangan Lupa Cek 9 Komponen Mobil Kamu Ini
Article 01

Himbauan untuk tidak pergi mudik dan tidak bepergian memang sedang gencar-gencarnya dilakukan. Terutama, bagi yang biasanya mudik menggunakan kendaraan pribadi. Hasrat yang besar, sebaiknya memang harus ditahan dulu.

Namun, jangan sampai menahan hasrat untuk melakukan pengecekan komponen mobil, kamu meskipun tidak dikendarai seperti biasanya apalagi untuk berpegian demi mudik.

Selama di rumah aja, Carsworld mengajak kamu untuk mengecek komponen mobil ini agar kondisi kendaraan kamu kembali prima ketika digunakan kembali.

1. Oli mobil

Oil changing.

Oli mobil berfungsi agar melumasi mesin sehingga proses pembakaran berlangsung sempurna. Selain itu, filter oli juga wajib diperhatikan. Jangan sampai filter oli jadi kotor. Jika tak dibersihkan proses penyaringan tidak akan berjalan secara maksimal.

Jadi, selama kamu di rumah saja, pastikan untuk mengecek komponen mobil yang satu ini.

2. Cek busi mobil

Bentuknya kecil, namun komponen mobil yang satu ini punya fungsi yang baik dalam menjalankan sebuah kendaraan.

Jika busi sudah kotor, maka sekarang saatnya membersihkan. Jika dibiarkan kotor, maka kamu akan kesulitan menyalakan mobil. Apalagi, jika busi sudah tidak lama diganti, nantinya justru akan emmbuat mobil jadi sulit untuk dinyalakan.

Jika kamu ragu bagaimana cara mengganti busi mobil, kamu bisa coba layanan dari Carfix di Carsworld yang bahkan siap mengirimkan profesional terbaiknya ke rumah.

3. Bersihkan filter udara

Ingin selalu menghemat bahan bakar, pastikan untuk membersihkan filter udara. Apalagi, buat kamu yang terbiasa melakukan perjalanan panjang, yaitu sejauh 10.000 km.

Lalu, bagaimana jika saat ini kamu lebih banyak di rumah dan tidak bepergian. Pastinya kamu harus selalu mengecek komponen yang satu ini, agar ketika dikendarai lagi, mobil kamu sudah berada dalam kondisi prima, plus hemat bahan bakar.

4. Cek aki mobil

car, battery, replace, image, photo, wallpaper

Aki mobil sudah pasti kamu ketahui sebagai salah satu komponen yang punya banyak fungsi. Mulai dari alarm, bagian-bagian dashboard, hingga mesin.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga aki mobil agar berfungsi dengan baik. Jika ini berkaitan dengan aki basah, pastikan untuk menambahkan air secara teratur pada aki ini.

Begitu juga dengan aki kering, yang juga wajib diganti satu kali setahun, agar kinerjanya tetap terjaga.

5. Rawat filter AC

Nah, ini mungkin yang sering luput. Benar, filter AC juga wajib untuk dijaga kebersihannya, atau bahkan diganti. Filter AC bisa saja menampung kotoran yang tak terlihat.

Jika sudah begini, tugas kamu untuk membersihkannya atau menggantinya denggantinya, jika dirasa sudah sangat tidak mampu memberikan kesejukan di dalam mobil.

6. Cek kanvas rem

Rem dan gas adalah bagian yagn tak terpisahkan mobil. Terutama, ketika sudah memacu mobil dalam kecepatan tinggi, diperlukan jug arem yang prima dan sangat baik.

Oleh karena pastikan agar kondisi kanvas rem mobil kamu juga bekerja dengan baik. Jika terdengar suara decitan saat mengerem, maka sekarang waktunya untuk mengecek bagian kanvas rem. Biasanya jika sudah menipis akan membuat gesekan komponen logam dan mengurangi jumlah minyak pada rem.

Jadi, jangan lupa cek bagian yang satu ini ya.

7. Periksa kanvas kopling

Berikutnya komponen mobil yang wajib dirawat adalah bagian kanvas kopling yang juga harus diperiksa. Komponen yang satu ini mampu mendorong tenaga mesin pada bagian ban Jika selama ini mobil yang kamu kendarai sudah menempuh jarak lebih dari 10.000 km berarti saatnya kanvas kopling ini diganti.

8. Jangan abaikan lampu

" Ah, selama masih bisa nyala, gak apa-apa". Ungkapan ini mungkin sering terdengar di telinga kita. Namun, bukan berarti kita tidak bisa begitu saja mengabaikan komponen yang satu ini. Secara umum, kualitas lampu sebuah mobil akan dihitung ketika masa penggunaannya selama 1,5 tahun.

Jadi, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan merugikan diei sendiri, sebaiknya segera ganti lampu mobil kamu.

9. Pastikan kondisi ban mobil prima

Terakhir, tentu saja, komponen mobil bernama ban wajib dijaga. Jika ban mobil sudah mulai menipis maka akan menyebabkan daya geseknya berkurang dan jika tidak diganti, maka bisa menimbulkan risiko yang berbahaya buat kamu.

Jika ingin ganti ban, pastikan mesti memilih ban yang sesuai dengan karakteristik mobil. Kamu bisa berkonsultasi dengan pemilik bengkel untuk memastikan apa tipe ban yang cocok dengan mobil yang kamu miliki.

Secara umum, servis mobil harus dilakukan secara berkala, agar kondisinya selalu prima. Plus, merawat mobil sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Jadi, selama di rumah aja dan tidak bepergian jarak jauh, pastikan untuk selalu memerhatikan kondisi mobil kamu ya.

Artikel Rekomendasi

Baca juga