fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Sering Terlewatkan, Kenali 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor
Article 01

Tanpa kehadiran radiator yang prima sangat memungkinkan sebuah mobil tidak bisa bekerja dengan baik. Fungsinya yang mampu menetralisir suhu mesin mobil agar tidak panas atau overheat adalah fungsi utamanya.

Namun, radiator tetap sama dengan komponen mobil yang lainnya. Radiator pada suatu saat nanti pastinya akan mengalami penurunan performa. Namun, di masa-masa itu pula, radiator pun pastinya punya masalahnya sendiri.

Salah satu masalah yang sering didapatkan oleh pemilik mobil terhadap radiatornya adalah kbocoran yang tak terduga. Lalu, apa saja penyebab radiator mobil bocor?

Komponen apa saja yang memengaruhinya?

Baca juga: 9 Cara Merawat Mobil Bekas Agar Selalu Dalam Kondisi Prima

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

1. Usia radiator

sering-terlewatkan,-kenali-4-penyebab-radiator-mobil-bocor

Radiator ibarat perangkat elektronik. Benda-benda seperti ini pastinya punya umur ekonomis. Begitu pula radiator yang punya umumr ekonomis dalam rentang waktu lima tahun.

Bahkan, tidak jarang, memasuki tahun ketiga hingga keempat, radiator mulai menurun performanya. Salah satu bagian radiator yang rentan mengalami kerusakan adalah karena dindingnya yang bocor.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek kondisi radiator mobil sendiri. Apalagi, ketika radiator sudah masuk di tahun ketiga hingga kelilma, pengecekan rutin harus terus dilakukan.

2. Terlalu kotor

sering-terlewatkan,-kenali-4-penyebab-radiator-mobil-bocor

Radiator pada mobil juga kerap jadi sasaran empuk atau tempat bersarangnya debu, kotoran hingga kuman. Paling menggenaskan tentu saja ketika sudah terlalu kotor, maka proses mengalirnya air ke dalam bagian mesin mobil akan terkena dampaknya. Ketika ini berpada pada mobil kamu, maka fungsi radiator bisa dikatakan tidak berjalan dengan baik.

Jika saluran alir yang berfungsi mengirimkan aliran air ke bagian mesin terganggu, maka hal ini akan berefek pada bagian kepala radiator. Terus dipaksakan, maka mesin mobil bisa dipastikan overheat.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah melakukan pengecekan radiator. Terutama ketika mobil sudah berjalan lebih dari 40.000 km. Hal ini untuk memastikan apakah air radiator pada mobil berjalan dengan baik atau tidak.

3. Benturan dengan kerikil

sering-terlewatkan,-kenali-4-penyebab-radiator-mobil-bocor

Selain debu dan kotoran yang bisa hinggap di bagian radiator mobil, beberapa hal lainnya ikut memengaruhi adalah kondisi jalanan Indonesia yang berbeda-beda di suatu are.

Bukan tidak mungkin selama di perjalanan menggunakan mobil kamu harus melewati jalanan dengan banyaknya kerikil-kerikil atau bahkan batu kecil yang tak terlihat.

Nah, tanpa disadari batu-batuan hingga kerikil ini bisa saja terlempat ke bagian radiator mobil. Benturan-benturan batu atau kerikil dengan radiator inilah yang pada akhirnya bisa memicu dan menjadi penyebabnya raditor mobil bocor.

Lagi-lagi, benturan ini akan menghantam dinding radiatorsehingga sangat mudah menghancurkan dinding radiator dan menyebabkan kebocoran.

Jika ini terjadi sUntuk memperbaiki dinding radiator yang bocor, Anda bisa membawa mobil ke bengkel. Bisa juga memperbaikinya sendiri di rumah dengan cara menambalnya menggunakan lem besi yang memiliki kualitasnya bagus.

4. Coolant yang jelek

sering-terlewatkan,-kenali-4-penyebab-radiator-mobil-bocor

Bagian dinding radiator yang rentan mengalami kerusakan memang menjadi salah satu faktor penting kenapa bisa menyebabkan kebocoran.

Namun, jangan lupakan pula bahwa coolant yang punya kualitas di bawah rata-rata juga bisa menyebabkan kebocoran. Coolant atau air radiator yang asal jadi akan memnyebabkan kekuatan radiator menjadi tidak tahan lama.

Tak hanya itu, coolant seperti ini juga akan menyebabkan komponen radiator menjadi cepat rusak. Jadi, jangan asal-asalan memilih coolant untuk radiator. Kerugiannya bisa menyebabkan komponen radiator tersebut rusak dan biaya perbaikan yang sangat mahal.

Jika masih muncul penyebab radiator mobil bocor yang tidak kamu ketahui, kamu bisa langsung ke bengkel-bengkel mobil terdekat untuk memeriksakan kondisi radiator mobil.

Baca juga: 5 Penyebab Air Radiator Mobil Tidak Bekerja dan Terasa Bocor

Baca juga: Ketahui Komponen yang Jadi Penyebab Temperatur Mobil Cepat Panas

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga