fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Selain Tekanan Angin, Ini Penyebab Ban Mobil Mudah Pecah
Article 01

Kesal setengah mati, karena ban mobil pecah adalah salah satu hal yang tak bisa dilupakan oleh penilik mobil .Salah satu hal yang diduga bisa menyebabkan ban mobil pecah adalah tekanan angin. Namun, di luar itu, masih banyak penyebab ban mobil pecah lainnya.

Tekanan angin ban mobil yang kurang yang bisa membuat pergerakan dinding ban dapat menyebabkan kawat baja putus. Akan tetapi, empat hal berikut ini bisa jadi penyebab ban mobil pecah.

Baca juga: Ban Mobil Benjol? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baca juga: Fakta Tambal Ban Mobil, Tak Perlu Habiskan Ratusan Ribu Rupiah

1. Terabas jalan berlubang


Hal pertama yang bisa membuat ban mobil jadi mudah pecah adalah kebiasaan mengemudi yang kerap menerabas jalan berlubang.

Benturan keras yang terjadi antara ban dan jalan akan membuat rajutan kawat bisa putus. Apalagi, jika kebiasaan ini kerap dilakukan dan serinng terjadi.

Jika terus-terusan, bukan hanya ban saja yang pecah, namun akan berefek pada suspensi mobil itu sendiri.

2. Terlalu banyak tambalan

Tak ada yang salah memang dengan menambal ban mobil. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah tambalan pada ban itu sendiri. Apalagi, jika teknik tambal ban dilakukan secara asal-asalan.

Hal inilah yang pada akhirnya bisa menimbulkan kebocoran pada lubang ban. Jika semakin besar, serat baja pun bisa putus dan akan akan membuat ban mobil pecah.

3. Usia ban

Sama seperti bagian komponen mobil lain yang punya usianya, maka ban pun seperti itu. Apalagi, beberapa pabrikan ban mobil kerap menambahkan tanggal kadarluarsa produknya.

Buat pemilik mobil, pastikan untuk mengingat kapan berakhirnya usia ban tersebut melalui kode produksi. Jika sudah mendekati waktunya untuk diganti dan kemudian ban dipaksa bekerja dengan beban yang berat, maka akan menimbulkan kebocoran.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa apakah kondisi ban masih baru atau mendekati tanggal kadarluarsa dengan mengecek dinding karet pada ban itu sendiri.

4. Modifikasi velg yang tidak sesuai

Tidak ada yang salah dengan mengganti bagian velg mobil. Namun, jika memilih velg yang tidak tepat akan jadi pemicu penyebab ban mobil pecah.

Bagi Sahabat yang suka memodifikasi mobil, pastikan untuk memperhatikan ukuran pelek dan ban yang anda gunakan. Hal ini Jika salah ukuran misalnya, akan membuat dinding ban menjadi terbebani dan bisa pecah.

Baca juga: Jika dibiarkan 5 Kerusakan Pada Ban Mobil Ini Bisa Berakibat Fatal

Carsworld menyediakan layanan pemesanan bengkel mobil terdekat secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga