fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Selain Servis Ini Tips Merawat AC Mobil Agar Kembali Dingin
Article 01

Apa jadinya, sebuah mobil tanpa AC? Bisa-bisa kesal seharian dan harus menahan hawa panas selama di mobil. Namun, tak selamanya komponen mobil yang satu ini bekerja dengan baik. Salah satunya adalah karena AC mobil menjadi tidak dingin lagi.

Jika ini sudah terjadi, tak jarang pemilik mobil kelimpungan sendiri. Apalagi biaya perawatan servis AC mobil terkadang kurang bersahabat untuk dompet.

Lalu, bagaimana tips merawat AC mobil agar kembali terasa dingin?

1. Perilaku menggunakan AC

selain-servis-ini-tips-merawat-ac-mobil-agar-kembali-dingin

Fakta yang mungkin sulit dihindari oleh beberapa pemilik mobil. Perilaku menggunakan AC mobil terkadang masih sering terjadi kelalaian. Misalnya terlalu sering merokok saat AC mobil menyala adalah penyebab AC mobil menjadi rusak.

Oleh karena itu, penting untuk tidak mengabaikan hal ini. Jadi, jangan ulangi perilaku atau kebiasaan merokok di dalam mobil saat AC sedang menyala.

2. Jaga Kebersihan Kabin

selain-servis-ini-tips-merawat-ac-mobil-agar-kembali-dingin

Apa pun ukuran kabin mobil, baik besar atau kecil, kebersihan tetap harus dijaga. Terkadang, hal ini masih sering lalai dilakukan oleh pemilik mobil. Apalagi, jika menduga-duga bahwa kabin mobil terlihat bersih-bersih saja.

Faktanya, kabin mobil menjadi tempat bersarangnya debu, kotoran bahkan kuman yang terlihat oleh mata. Penting kiranya untuk membersihkan kabin mobil satu kali dalam seminggu, agar AC mobil tidak menyedot kotoran-kotoran tersebut.

Baca juga: Sebelum Servis Berkala, Ini 4 Cara Merawat Sendiri AC Mobil

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bakalan Bikin AC Mobil Jadi Terawat

Servis AC mobil

selain-servis-ini-tips-merawat-ac-mobil-agar-kembali-dingin

Selain melakukan sendiri tips merawat AC mobil, servis atau perawatan pun sangat penting untuk dilakukan. Mulai dari pengecekan sendiri hingga servis berkala khusus komponen AC mobil yang sudah dianjurkan oleh pabrikan.

Apa saja yang menjadi hal penting untuk servis AC mobil?

Perawatan komponen AC

Servis AC mobil sebenarnya tidak menyulitkan. Namun, hal penting yang harus dilakukan pada masa ini adalah melakukannya dengan benar. Beberapa komponen yang memang akan mendapatkan perawatan untuk AC mobil diantaranya adalah filter kabin.

Berikutnya mengecek kebocoran pada bagian selang AC adalah ritual selanjutnya dalam perbaikan AC mobil. Hal ini nantinya akan berlanjut pada pemeriksaan Evaporator dan Kondensor.

Patuh dengan servis berkala


Masih saja ada yang 'bande' dan belum tentu mau melakukan servis berkala untuk mobil yang dimiliki. Padahal servis berkala sangatlah penting bagi kelanjutan mobil.

Tentu saja, hal ini termasuk pada servis berkala AC mobil. Jika pabrikan sudah memberikan rekomendasi untuk melakukan servis berkala, sebaiknya ikuti anjurannya.

Jangan pernah lalai dan tidak mengindahkan aturan dari servis berkala pada setiap komponen mobil.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga