fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Selain Servis Ganti Oli, Filter Oli Mesin Mobil Pun Wajib Dirawat
Article 01

Salah satu perawatan mobil yang paling penting adalah pergantian oli mobil. Fungsinya sebagai pelindung, pembersih serta pendingin mesin menjadikan perawatan ini tidak boleh dilewatkan.

Namun, selain itu masih ada perawatan penting lainnya yang kerap dilupakan, yaitu filter oli mesin mobil. Komponen yang satu ini punya peran yang sangat besar untuk menjaga kualitas mesin bahkan oli sehingga mesin mobil bisa bekerja dengan maksimal.

Lalu, kenapa perawatan filter oli mobil sangat baik untuk mobil? Berikut beberapa penjelasannya

Baca juga: 4 Cara dan Tips Ganti Oli Mesin, Bagi Pemilik Mobil Baru

1. Mengurangi endapan kotoran

selain-servis-ganti-oli,-filter-oli-mesin-mobil-pun-wajib-dirawat


Mengganti filter oli pada mobil berarti mengikuti siklus pergantian oli mesin yang kerap dilakukan saat servis kendaraan. Mengganti filter oli juga dapat mengurangi potensi kerusakan pada mesin mobil.

Pasalnya dengan mengganti bagian filter oli, sang pemilik akan ikut membantu mengurangi endapan kotoran yang terdapat di sekitar mesin mobil. Apalagi, jika pergantian filter oli mobil sudah lama tidak dilakukan, bisa-bisa kotoran akan menumpuk.

Jadi, selain ganti oli, jangan lupa ganti bagian filternya.

2. Menyaring kotoran

selain-servis-ganti-oli,-filter-oli-mesin-mobil-pun-wajib-dirawat

Pergantian fiilter oli sendiri pada mobil juga dapat membantu membersihkan atau menyaring agar kotoran tidak berada di dalam mesin mobil. Tentu saja kotoran-kotoran ini bisa datang dari mana saja, baik dari dalam dan luar mesin.

Selain itu, filter oli juga dapat menyaring kotoran yang terjadi karena gesekan yang terjadi di ruang mesin. Gesekan-gesekan ini kerap hadir dalam bentuk logam halus yang tak kasat mata. Jika sudah menumpuk, maka ini bisa menjadi kotoran yang akan menganggu bagian mesin.

3. Mencegah kotoran ke ruang mesin

Oli mengalirkan ke ruang mesin dengan berbagai macam fungsinya. Oleh karena itu, kehadiran filter oli yang baik juga ikut mencegah masuknya kotoran ke ruang mesin.

Jika tidak diganti, maka filter oli yang selama ini menahan masuknya kotoran akan tersumbat sehingga gagal mengalirkan oli ke mesin. Lebih parahnya lagi, kotoran itu sudah tak tersaing lagi dan menganggu kinerja mesin mobil.

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Memilih Oli Mobil yang Tepat Untuk Kendaraan

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

Proses pergantian oli mobil

selain-servis-ganti-oli,-filter-oli-mesin-mobil-pun-wajib-dirawat

Tentu saja, pergantian filter oli mesin mobi ljuga harus diimbangi dengan pergantian oli mobil. Keduanya harus drawat dan diganti jika memang sudah diperlukan.

Agat keduanya berjalan seimbang dan beriringan, bagaimana cara melakukan pergantian oli mobil yang tepat? Berikut pilihannya.

1. Sesuaikan dengan jarak tempuh


Hal paling sederhana tentang pergantian oli mobil adalah dengan menghitung jarak tempuh yang sudah dilalui. Biasanya aka dihitung dengan menggunakan kelipatan 5.000 - 10.000 km.

Akan tetapi, selain faktor jarak tempuh, hal lain yang wajib untuk dicermati, apakah mobil yang digunakan berada dalam situasi seperti apa. Misalnya, jika mobil kerap terjebak macet. Karena dengan kondisi jalan yang macet, mesin mobil dipaksa bekerja lebih keras, meskipun kilometer tidak berjalan.

Oleh karena itu, penting sekali lagi untuk mengecek oli mobil dengan tepat dan tidak hanya berdasarkan jarak tempuhnya saja.

2. Menguras oli mesin

Menguras oli mesin adalah mengganti oli lama dengan yang baru secara total. Artinya, tidak ada lagi sisa-sisa oli lama hingga kotoran-kotoran yang tercampur dengan komponen-komponen lainnya.

Satu hal lagi yang wajib diperhatikan selama pergantian oli adalah dengan menguras. Perbedaannya dengan menganti oli mesin adalah jumlah oli yang dibuang lebih banyak ketimbang pergantian oli. Volumennya bisa mencapai hingga 12 liter.

Cara ini biasanya dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak hingga 50.000 kilometer. Menguras oli mesin mobil juga berarti membuang kotoran yang tersimpan di dalam sehingga, mesin pun ikut bersih.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga