fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Selain Servis Berkala, Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Matik
Article 01

Kelebihan dan kenyamanan adalah beberapa alasan kenapa mobil matik kian diminati dan menjadi buruan banyak masyarakat. Meskipun diminati di masa saat ini, namun cara perawatan mobil matik pun harus tetap diperhatikan.

Salah satu yang paling tepat dan sering dilakukan adalah dengan melakukan servis berkala secara rutin sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pabrikan mobil.

Namun, selain itu, masih ada beberapa perawatan mobil matik lain yang bisa kamu lakukan sendiri, dan yang paling penting caranya sangat mudah. Apa saja ya?

Baca juga: 4 Cara Bagi Pemula Agar Merawat Mobil Matik dengan Maksimal

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

1. Rajin servis dan ganti oli

selain-servis-berkala,-seperti-ini-cara-perawatan-mobil-matik

Satu kegiatan yang terkait erat dengan servis berkala dan jadi bagian penting tentang peraawatan mobil matik. Masing-masing pabrikan mobil biasanya akan memberikan rekomendasi tentang pergantian oli mobil.

Secara umum, pergantian oli untuk mobil matik biasanya akan dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak 50.000 km.

Jika kamu pemilik mobil matik aktif yang sering melakukan perjalanan jauh setiap harinya plus kerap terjebak macet di jalanan kota yang padat, disarankan untuk melakukan pergantian oli mobil lebih rutin.

Jangan lupa untuk melihat kondisi oli terlebih dahulu. Jika warna oli sudah terlihat hitam atau tercampur dengan volume air, maka segera mungkin lakukan pergantian oli. Jika tidak diganti, bukan tidak mungkin oli akan merusak komponen-komponen mobil matik itu sendiri.

Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk mobil kamu.

2. Menggunakan transmisi dengan tepat

selain-servis-berkala,-seperti-ini-cara-perawatan-mobil-matik

Bukan berarti terlalu nyaman bisa seenaknya saja. Begitulah cara melakukan perawatan mobil matik yang bisa kamu lakukan sendiri secara sederhana.

Salah satunya adalah ketika melakukan pergantian posisi transmisi matik dengan baik. Jangan asal-asalan menggunakan transmisi yang satu ini, atau jangan sampai kamu perlakukan transmisi mobil seperti mengendara mobil manual.

Selain itu, pastikan agar selalu menggunakan transmisi posisi N ketika sedang berhenti.

3. Jangan 'ngegas' mendadak

selain-servis-berkala,-seperti-ini-cara-perawatan-mobil-matik

Apa pun situasinya, jangan pernah melakukan pergerakan menginjak gas secara mendadak ketika mengendarai mobil matik. Terutama, ketika kamu akan menjalankan mobil ini. Santai saja, jangan injak pedal gasnya terlalu dalam.

Atau, bahkan ketika kamu akan memacu mobil dengan kecepatan yang lebih tinggi. Jangan pernah untuk menginjak pedal gas secara mendadak dalam terlalu dalam.

Secara keseluruhan, mobil matik menggunakan sistem yang memberikan delay waktu memberikan tekanan dari oli menuju bagian torsi. Jika waktu tersebut diganti dengan injakan pedal gas yang mendadak dan terlalu dalam, maka tekanan besar tersebut bisa saja memengaruhi bagian katup solenoid. Jika terus dilakukan berulang kali ketika mengendarai mobil dengan cara seperti ini, bisa saja mobil kamu akan rusak.

4. Selalu panaskan mobil

selain-servis-berkala,-seperti-ini-cara-perawatan-mobil-matik

Berkaitan dengan perawatan obil di nomor tiga. Sebelum mengendarai mobil, pastikan untuk selalu memanaskan mobil dalam waktu beberapa menit.

Selanjutnya, ketika memanaskan mobil, pastikan posisi tuas berada dalam status N seperti tips nomor dua diatas tadi. tuas transmisi mobil matic Anda berada pada posisi N saat mobil Anda dipanaskan.

Empat cara perawatan mobil matik ini memiliki aplikasi yang mudah untuk dilakukan sendiri. Hal ini wajib kamu lakukan mengingat biaya perawatan mobil matik biasanya terkesan sangat mahal.

Jadi, jika tidak ingin mobil matik kamu mengalami kendala hingga kerusakan, pastikan lakukan empat cara perawatan mobil matik ini setiap waktu.

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

Baca juga: Banyak Bermunculan Mobil SUV Terbaru, Seperti Ini Cara Merawatnya

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga