fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Selain Kampas, Ini 3 Penyebab Kopling Mobil Terasa Berat
Article 01

Kampas selalu diidentikkan sebagai penyebab kopling mobil berat. Benar, bahwa kampas kopling jadi salah satu penyebabnya. Namun, komponen ini bukan satu-satunya yang jadi penghambat kenapa kopling mobil menjadi terasa berat.

Kampas kopling yang menipis memang harus diganti segera di bengkel mobil terdekat. Jika tidak tenaga mobil untuk bekerja tidak akan maksimal, bahkan bisa membahayakan nyawa. Lalu, selain kampas, apa saja hal yang membuat kopling mobil terasa berat?

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Jadi Penyebab Kopling Mobil Jadi Cepat Rusak

Baca juga: Kenali Penyebab dan Gejala Kampas Kopling Mobil Terlalu Cepat Habis

1. Cara menggunakan kopling

selain-kampas-ini-3-penyebab-kopling-mobil-terasa-berat

Bukan, ini bukan tutorial bagaimana menggunakan kopling mobil untuk pemula. Namun, ini adalah cara atau kebiasaan sehari-hari pemilik mobil menggunakan kopling mobilnya.

Kebiasaan menginjak dan melepaskan kopling dengan cara terburu-buru dapat menyebabkan plat kopling akan tipis. Hal ini yang akhirnya akan berimbas pada kampas kopling mobil itu sendiri.

Jadi, jika kopling mobil terasa berat, pastikan untuk mengubah kebiasaan dalam menggunakan komponen mobil yang satu ini.

2. Gangguan kabel kopling

selain-kampas-ini-3-penyebab-kopling-mobil-terasa-berat

penyebab kopling mobil berat lainnya adalah pada bagian kabel. Salah satu penyebabnya adalah minimnya bagian ini dilumasi oleh oli mobil.

Cara mengatasinya pun sederhana. Pelumasan yang rutin akan membantu bagian kabel mobil terjaga dengan baik.

Tak hanya itu, pelumasan yang rutin juga akan membuat gesekan-gesekan antara komponen pada kopling tidak bertambah parah. Cara ini akan membantu meringankan tarikan antar komponen plus meringankan beban pedal ketika akan ditekan.

3. Usia Cover Clutch

selain-kampas-ini-3-penyebab-kopling-mobil-terasa-berat

Hal penting lain yang perlu disorot ketika kopling mobil terasa berat adalah bagian cover clutch. Permasalahannya sederhana. Hal ini terjadi ketika plat kopling sudah lemah, plus usianya yang juga sudah terlalu lama.

Jika hal ini terjadi pada mobil kamu, segera lakukan pergantian di bengkel mobil terdekat untuk meminimalisir risiko yang bisa ditimbulkan ketika bagian Clover Cluth menjadi rusak.

Tak hanya bagian Clover Cluth saja, komponen-komponen yang ada di sekitar Clover Clutch pun butuh pengecekan untuk meminimalisir penyebab kopling mobil berat. Berikut beberapa diantaranya.

Realease Bearing

Realease bearing merupakan bagian yang berfungsi untuk menekan plat pegas diafragma. Jadi, meskipun bagian Colver Cluth sudah diganti, namun bagian Realese Baring tidak diperiksa, maka sangat memungkinkan bahwa kopling mobil masih terasa berat.

Pilot Bearing

Selain Realease Baring, bagian Pilot pun butuh pemeriksaan. Apalagi, fungsinya sangat vital. Pilot Bearing berfungsi untuk sumbu tengah poros engkol sejajar dengan input shaft.

Jika posisinya tidak sejajar, maka akan sulit untuk digerakkan, dan pemindahan tuas gigi pun akan menjadi tidak optimal ketika pedal kopling akan diinjak.

Oleh karena itu, pentingnya untuk sesegera mungkin memeriksa dan melakukan pergantian bagian-bagian yang tepat pada kopling agar tidak terasa berat ketika diinjak.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga