fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Sebelum Servis Berkala, Ini 4 Cara Merawat Sendiri AC Mobil
Article 01

Perawatan AC Mobil kerap menjadi bagian dari servis berkala. Namun, sebelum melakukan servis berkala untuk AC Mobil, ada beberapa cara perawatan yang bisa kamu lakukan sendiri.

Cara paling sederhana yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan tidak merokok di dalam mobil. Namun, ada cara-cara lain yang bisa dilakukan sendiri untuk merawat merawat AC mobil berkala versi kamu sendiri. Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bakalan Bikin AC Mobil Jadi Terawat

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

1. Kebersihan mobil

sebelum-servis-berkala,-ini-4-cara-merawat-sendiri-ac-mobil


Cara merawat AC mobil berkala yang paling sederhana adalah dengan menjaga kebersihan. Hampir setiap bagian mobil wajib dibersihkan. Karpet, jok, bagian pedal, tuas, dashboard dan masih banyak bagian lainnya yang penting.

Namun, selain bagian dari kebersihan mobil kamu harus membersihkan bagian-bagian dari AC itu sendiri. Beberapa diantaranya adalah Condensor AC. Cara paling sederhana adalah dengan membersihkannya dengan air agar kotoran terangkat dari bagian kondensor mobil.

2. Pergantian komponen yang tepat

sebelum-servis-berkala,-ini-4-cara-merawat-sendiri-ac-mobil


Jika sudah waktunya diganti, maka penting untuk melakukan pergantian komponen yang tepat. Komponen tepat yang dimaksdukan adalah yang berkualitas serta orisini.

Cara ini bertugas untuk tetap menjaga performa AC agar tampil lebih dingin dan sejuk.

Selain itu, filter kabin adalah hal yang penting ketika akan melakukan pergantian komponen. Jika sedang merawat atau melakukan pergantian pastikan memilih filter kabin yang tepat. Tujuannya sederhana adalah agar menyaring serta membersihkan udara yang berputar di dalam kabin mobil.

Bagian lain yang penting untuk dirawat atau diganti adalah bagian Extra Fan untuk selalu dirawat dengan baik.

3. Pengharum mobil yang tepat

sebelum-servis-berkala,-ini-4-cara-merawat-sendiri-ac-mobil

Parfum atau pengharum seperti sebuah benda yang tak bisa dilepaskan dari bagian kabin mobil. Namun, penempatan pengharum mobil ini yang harus diperhatikan.

Jangan pernah meletakkanya terlalu dekat dengan AC. Hal ini penting dilakukan agar udara tidak mengendap dan malah memunculkan bakteri. Jika terlalu lama dan sering, malah mobil bisa menjadi tidak nyaman untuk dikendarai.

4. Servis Secara Teratur

sebelum-servis-berkala,-ini-4-cara-merawat-sendiri-ac-mobil


Terakhir, tentunya merawat ac mobil berkala adalah dengan cara diservis. Jika memang sudah tidak tertolong lagi, atau memang menjadi panduan ketika servis berkala, bagian mobil yang satu ini harus dibersihkan, atau bahkan diganti di bengkel-bengkel terdekat.

Baca juga: Selain Servis Ini Tips Merawat AC Mobil Agar Kembali Dingin

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga