fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Rawat dan Kenali Penyebab Kaca Film Mobil Rusak
Article 01

Tanpa kehadiran kaca film, rasanya ada yang janggal pada sebuah mobil. Bukan lagi hanya menjadi aksesoris, namun kaca film kini punya banyak fungsi untuk mobil. Namun, sebagian pemilik mobil kerap melewatkan penyebab kacak film mobil rusak.

Apalagi, selama ini kaca film mobil dikenal mampu menjadi pelindung dari panasnya paparan cahaya matahari. Menjadikan aksesoris ini begitu dicari oleh para pemilik mobil.

Terlepas dari itu semua, pada waktunya, kaca film mobil akan mengalami penurunan kualitas yang bisa menyebabkan kerusakan. Lalu, apa yang menjadi penyebab kaca film mobil rusak?

Baca juga: Perlengkapan Ini Mudahkan Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Jamur

Baca juga: 4 Cara Merawat Power Window Mobil yang Mudah dan Bikin Aman

1. Lem kaca tak erat

kenali-penyebab-kaca-film-mobil-sudah-mulai-mengalami-kerusakan

Salah satu yang menjadi penyebab kaca film mobil rusak adalah karena lem pada bagian kaca yang sudah tak lagi erat pada posisinya. Hal ini juga terjadi karena fungsi dari lem kaca itu sendiri sudah menurun.

Jika hal ini terjadi pada mobil, biasanya akan muncul tampilan seperti gelembung pada kaca film. Efeknya, udara sangat mudah masuk diantara kaca film dan bagian kabin.

2. Gesekan kaca

Gesekan demi gesekan kaca yang terus terjadi akan membuat kaca film mudah terkelupas. Apalagi, yang suka memain-mainkan kaca mobil tanpa tujuan yang jelas akan membuat kulit kaca film mudah terkelupas.

Jika ini terjadi, lagi-lagi sinar cahaya matahari akan mudah masuk dan mengurangi tujuan penggunaan kaca film itu sendiri.

3. Usia kaca film

kenali-penyebab-kaca-film-mobil-sudah-mulai-mengalami-kerusakan
Car window tinting series : Installing car window tint

Faktor usia kaca film juga bisa menjadi penentu dan menjadi penyebab kaca film mobil mengalami kerusakan. Hal ini biasanya akan merembet pada warna kaca film yang berganti menjadi ungu atau bahkan terlihat membiru. Rata-rata, usia penggunaan kaca film berkisar dalam jangka waktu empat hingga lima tahun.

Jika ini terjadi pada kaca film mobil kamu, maka segera lakukan pergantian kaca film agar tidak menganggu pandangan dari balik kemudi.

Agar kerusakan pada kaca film mobil tidak sering terjadi, cara paling mudah adalah dengan merawatnya sendiri di rumah. Cara paling sederhana adalah dengan tidak menempatkan mobil di tempat yang terpapar sinar matahari langsung.

Selanjutnya, membersihkan kaca mobil secara teratur adalah solusi paling mudah dalam perawatannya. Penggunaan kain microfiber dan shampo bayi adalah rumusnya.

Satu yang perlu diingat, membersihkan kaca film mobil bisa dilakukan satu minggu sekali. Jika dilakukan setiap hari justru akan membuat lapisan kaca menjadi memudar.

Baca juga: Ini Pilihan Cara Menghilangkan Baret Pada Bagian Kaca Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store

Artikel Rekomendasi

Baca juga