fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Punya Bagian Sendiri, Seperti Ini Cara Merawat Sunroof Mobil
Article 01

Tak bisa dihindari lagi jika mobil modern yang ada saat ini beberapa diantaranya sudah dilengkapi dengan sunroof atau panoramic sunroof. Namun, jika bagian mobil yang satu ini tidak dirawat, maka bisa memengaruhi kenyamanan pemilik dan penumpang mobil. Lalu, bagaimana cara merawat sunroof mobil yang tepat?

Beberapa tips berikut wajib kamu coba jika ingin mendapatkan kondisi sunroof mobil yang tetap awet dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Baca juga: Cara Sederhana Ini Bisa Membersihkan Kabin Mobil yang Kotor

Baca juga: 3 Tips Terhindari Dari Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

1. Wajib dibersihkan

Penempatan sunroof sebagai bagian dari sebuah mobil biasanya sudah disesuaikan dengan umur ekonomis mobilnya. Jadi, bagian mobil yang satu ini bisa dibilang cukup awet. Namun, bukan berarti, sunroof mobil kemudian dibiatkan begitu saja tanpa dirawat.

Salah satu cara merawat sunroof mobil yang sederhana adalah dengan membersihkannya secara rutin. Membersihkan setiap bagian dari sunroof, mulai dari bagian dalam hingga luar dan tentu saja bagian karetnya adalah hal penting yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil.

2. Cek saluran pembuangan air

Satu bagian yang mungkin terlewatkan dari sunroof mobil adalah bagian saluran pembuangan air. Benar, bagian mobil yang satu ini selalu punya saluran pembuangan air.

Posisinya cenderung berada di bagian belakang kaca. Oleh karena itu, selain membersihkan bagian utama dari sunroof, memeriksa saluran pembuangan air juga wajib untuk dilakukan.

Pastikan untuk memeriksa bagian ini agar memastikan tidak ada kotoran yang menempel di bagian saluran pembuangan air. Hal penting lain yang tak boleh dilupakan adalah membersihkannya dengan cara menyikat dan menyiramkan air agar kotoran di sela-sela tersebut dapat diangkat.

3. Perawatan sliding rail

Hal lain yang sangat wajib untuk dilakukan adalah dengan membersihkan sliding rail sunroof. Apalagi, sliding rail ini punya karet yang saling bergesekan ketika atap kaca dibuka dan ditutup.

Membersihkan bagian sliding rail pada sunroof mobil juga dapat menghindari terjadinya bunyian yang menganggu ketika bagian atap kaca dibuka dan ditutup.

4. Posisi parkir mobil

Satu lagi cara merawat sunroof mobil yang wajib kamu lakukan. Posisi parkir yang tepat juga akan membantu agar bagian mobil yang satu ini tetap aman dan berada dalam kondisi yang baik.

Hal ini tak lepas dari bahan sunroof yang terbuat dari kaca. Oleh karena itu, selalu parkirkan mobil di tempat yang teduh atau tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan untuk menjaga bagian-bagian dari sunroof mobi seperti karet hingga sliding rail bekerja dengan baik dari waktu ke waktu.

Baca juga: 4 Cara Merawat Power Window Mobil yang Mudah dan Bikin Aman

Baca juga: Rawat dan Kenali Penyebab Kaca Film Mobil Rusak

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store

Artikel Rekomendasi

Baca juga