fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Power Steering Terasa Berat dan Berdengung? Cek Penyebab Berikut Ini
Article 01

Sejak kemunculannya sebagai bagian dari sebuah mobil, power steering menjadi salah satu hal penting dalam kenyamanan berkendara. Melalui Power streering, penemudi bisa lebih mudah memutar setir sekaligus menggerakkan roda dibalik kemudi.

Meskipun begitu, power streering pun tak luput dari masalah. Rata-rata hal yang sering dialami adalah kondisi Power Streering berat bahkan mengeluarkan suara degungan yang menganggu. Tidak hanya itu, ada banyak masalah Power Streering lainnya yang kerap muncul tiba-tiba.

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi? Ketahui beberapa penyebab power streering terasa berat berikut ini.

Baca juga: 3 Pertanda Pada Bagian Power Steering Mobil yang Berat

1. Kekurangan oli

power-steering-terasa-berat-dan-berdengung?-cek-penyebab-berikut-ini

Sama seperti bagian mesin, Power Steering yang kekurangan oli pun akan memengaruhi performanya. Cairan oli memberikan tekanan dan membuat pompa hingga komponen penting lain dalam mobil bekerja dengan baik.

Sebaliknya, jika kekurangan oli, maka bukan tidak mungkin Power Steering bermasalah dan terasa berat untuk dikendalikan.

2. Posisi Worm Steering

power-steering-terasa-berat-dan-berdengung?-cek-penyebab-berikut-ini

Satu bagian komponen yang mungkin tidak terpikirkan oleh pemilik mobil. Namun, punya fungsi yang luar biasa dalam menggerakkan Power Steering.

Nah, jika posisi Worm Steering tidak tepat pemasangannya, maka sangat memungkinkan akan membuat oli menjadi bocor. Jika sudah begini oli tak mampu memuluskan kerja Power Steering dengan baik.

Selain itu, baut worm steering terlalu kencang. juga akan menambah gangguan pada berkendaran serta membuat putaran power steering berat.

Konsultasikan ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan pada bagian Worm Steering jika kamu merasakan Power Steering tidak mampu bekerja dengan baik.

3. Gangguan pompa Power Steering

power-steering-terasa-berat-dan-berdengung?-cek-penyebab-berikut-ini

Hal berikutnya yang mampu membuat Power Steering berat adalah karena terjadinya gangguan pada pompa power steering yang rusak. Hal ini sering terjadi karena poros pompa yang sudah aus sehingga tenaga yang seharusnya disalurkan ke bagian Power Steering berkurang dan membuat pengemudi sulit mengendalikannya dengan baik.

Jika ini terjadi pada mobil kamu, pastikan untuk melakukan perawatan di tangan mekanik dan montir-montir profesional yang ada di bengkel terbaik.

4. Gangguan pada Ball joint

Gangguan lainnya adalah pada bagian komponen bernama Ball Joint. Jika perangkat yang satu ini sudah masuk pada fase aus, maka lakukan pergantian pada komponen ini.

Baca juga: 4 Cara Bagi Pemula Agar Merawat Mobil Matik dengan Maksimal

Baca juga: Tidak Berfungsi dan Macet, Kenali 4 Penyebab Kerusakan Power Window

Baca juga: 4 Adaptasi Kebiasaan Baru Perawatan Mobil yang Wajib dan Rutin Dilakukan

Power Steering berdengung

power-steering-terasa-berat-dan-berdengung?-cek-penyebab-berikut-ini

Selain permasalahan power steering berat, gangguan lainnya yang cukup menganggu adalah suara berdengung yang kerap muncul ketika bagian kemudi dikendalikan.

Faktor-faktor seperti ini kerap terjadi karena selang yang telah aus, sehingga menganggu cairan fluida bekerja dan menjadi tidak lancar. Nah, karena cairan fluida yang tidak mengalir tersebut menghasilkan suara yang terdengar berdengung.

Jika kamu mengalami gangguan Power Steering seperti ini, maka lakukan pemeriksaan di bengkel-bengkel terdekat. Tujuannya adalah untuk mendeteksi kondisi selang tempat mengaliranya cairan fuida tadi. Sementara itu, jika terdapat bagian-bagian komponen Power Steering yang telah aus, lakukan segera pergantian agar tidak menimbulkan risiko yang berbhaya saat mengemudi.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga