fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Pompa Power Steering Rusak? Kenali Dulu Penyebabnya
Article 01

Beragam penyebab pompa power steering mobil rusak memang sulit untuk diidentifikasi. Salah satunya karena ini tidak terlalu terlihat dari luar mobil. Akan tetapi, banyak gejala yang bisa dideteksi sejak dini.

Deteksi dini tentang pompa power steering mobil yang rusak bisa kamu dapatkan ketika stir terasa berat atau ketika mengemudi, kamu mendengar suara yang berdengung dari dalam stir.

Jika ini terjadi, bagian mana yang mengalami masalah?

Baca juga: 3 Pertanda Pada Bagian Power Steering Mobil yang Berat

1. Gangguan pada Seal pompa

pompa-power-steering-rusak-kenali-dulu-penyebabnya

Seal pompa untuk power steering bertugas menjaga agar cairan minyak power steerting tidak mengalami kebocoran atau justru mengalir ke bagian lain.

Terdiri dari beberapa bagian, seal sangat berperan penting pada power steering. Pasalnya, jika salah satunya saja mengalami gangguan, maka maka power steering mobil pun tidak akan bekerja dengan baik.

Jika kamu pernah berhadapan dengan situasi seperti power steering yang terasa berat atau sulit untuk dikontrol, coba cek bagian seal ini, apakah mengalami kendala atau tidak.

2. Bagian antara selang dan pompa

pompa-power-steering-rusak-kenali-dulu-penyebabnya

Bagian lain yang mesti diawasi adalah bagian bagian selang dan pompa. Karena di tempat inilah reservoir oli power steeringnya bekerja. Meskipun oli untuk power steering ini cukup, namun jika bagian selang dan pompa tidak terpasang dengan baik, maka akan memengaruhi kinerja dari power steering itu sendiri.

Pasalnya, hal ini bisa membuat oli power steering akan bocor dan merembes bagian komponen lain. Sekali lagi, pastikan apakah sambungantan antara selang dan pompa bekerja dengan baik.

3. Rotor pompa aus

pompa-power-steering-rusak-kenali-dulu-penyebabnya

Fungsinya bekerja untuk memberikan dorongan pada minyak power steering agar bisa mengalir ke steering rack dan kemudian meringankan kerja stir mobil.

Namun, jika rotor ini tidak bekerja, maka dorongan itu tidak akan pernah terjadi. Permasalahan paling mendasar adalah karena baling-baling pada rotor sudah aus, sehingga tidak mampu memberikan dorongan secara maksimal.

Jika ini terjadi, pastikan untuk segera ke bengkel dan mendapatkan perawatan maksimal.

Namun, satu hal penting yang patut dicatat adalah perawatan atau pergantian komponen power steering tidak bisa dilakukan satu per satu. Hal ini terjadi karena antara satu komponen power steering saling terkait satu sama lain, dan sangat sensitif.

Oleh karena itu, jika ada salah satu komponen yang rusak, pastikan kamu datang ke bengkel-bengkel yang berpengalaman dalam melakukan perawatan atau pergantian komponen power steering.

Cara merawat Power Steering

Beberapa tips sederhana untuk merawat power steering akan terjadi pada perilaku merawat mobil. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan sendiri adalah melakukan pergantian oli untuk power steering.

Hal ini biasanya dilakukan jika mobil sudah berjalan seauh 200.000 km. Posisi parkir pun juga wajib untuk mendapatkan perhatian. Pakir sembarangan dengan membelokkan ban akan membuka sistem katup pada powe steering dan memperpendek umur ekonomisnya.

Cara merawat power steering lain yang bisa dilakukan adalah dengan tidak menggunakan ukuran velg yang lebih besar dari standar mobil. Jika ini dipaksakan akan membuat beban power steering untuk bekerja lebih keras lagi.

Terakhir, jangan perlakukan stir mobil dengan tidak baik, khususnya saat berbelok. Tak jarang, pemilik mobil terkadang membelokkan stir mobil hingga mentok mengingat kondisi jalanan yang rata-rata unik.

Jika ini dilakukan, sangat besar kemungkinan power steering mobil. Jadi jangan biarkan kesalahan-kesalahan menggunakan mobil ini akan memengaruhi komponen atau pompa power steering rusak.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Baca juga: Power Steering Terasa Berat dan Berdengung? Cek Penyebab Berikut Ini

Baca juga: Selain Oli Mesin, Ini 4 Jenis Oli yang Wajib Diganti Bagi Mobil matik

Artikel Rekomendasi

Baca juga