fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Persiapan dan Tips Membersihkan Jok Mobil yang Sempurna
Article 01

Bicara kenyamanan di dalam mobil, tentunya tak bisa dilepaskan dari kehadiran jok atau kursi yang ada di dalam mobil. Modelnya sangat banyak, namun standar kenyamanan jok mobil akan berganti ketika jok mobil kotor.

Tentu saja, banyak penyebab yang membuat jok menjadi kotor. Digunakan berakli-kali untuk beraktivitas, hingga remah-remah makanan yang terjatuh bahkan bakteri dan kuman pun bisa menempel secara tak kasat mata pada bagian jok.

Kalau sudah begini, seperti apa cara membersihkan jok mobil yang kotor? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan tips membersihkan jok mobil yang bisa kamu lakukan sendiri.

Baca juga: 6 Urutan dan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil Matik

Baca juga: 4 Cara Tepat Membersihkan Mesin Mobil yang Berkerak Karena Oli

1. Cek bahan jok mobil

persiapan-dan-tips-membersihkan-jok-mobil-yang-sempurna


Dari sekian banyak model jok, mobil, hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah dengan mengenali bahan jok mobil itu sendiri. Jok berbahan kulit atau fabric? Hal ini yang perlu kamu kenali terlebih dahulu.

Jika jok mobil kamu terbuat dari bahan kulit, maka cara membersihkannya tidak bisa dilakukan dengan benda-benda yang keras. Sementara jika bahan jok terbuat dari fabric, maka tidak bisa dibersihkan dengan benda-benda yang lembut atau bahkan mengusapnya dengan tenaga yang kuat.

Membersihkan jok punya pantangannya sendiri. Hindari menggunakan cairan pembersih yang bisa membuat warna pudar hingga luntur untuk jok berbahan kulit.

Sementara itu, untuk jok berbahan fabric, kamu bisa menggunakan pelembut atau deterjen yang biasa digunakan untuk membersihkan pakaian bayi hingga anak-anak.

2. Perlengkapan yang tepat

persiapan-dan-tips-membersihkan-jok-mobil-yang-sempurna



Setelah mengenali jenis jok, tips membersihkan jok mobil berikutnya adalah persiapan peralatan. Kamu bisa menggunakan cairan yang lebih sesuai dan digunakan untuk membersihkan jok.

Perlengkapan ini pun terdiri dari beberapa hal penting. Beberapa diantaranya bahkan tidak bisa digunakan untuk membersihkan jok dengan bahan kain atau pun jok berbahan fabric.

Bahkan, jika jok mobil kamu sudah dimodifikasi pun, sebaiknya sesuaikan pula pembersih dan perlengkapan yang tepat untuk membersihkan jok. Perlengkapan lain yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan jok mobil adalah dengan menggunakan vacum cleaner, sikat gigi bekas hingga hair dryer yang dapat digunakan untuk mengeringkan jok yang masih basah atau lembab.

Cara membersihkan kotoran di jok mobil

Dari sekian banyak kotoran yang menempel di jok mobil, tentunya cara membersihkannya pun berbeda-beda. Ada yang memang karena kotoran atau kuman yang menempel, hingga berbagai noda-noda yang menempel di bagian jok.

Cara membersihkannya pun tidak sama. Lalu, seperti apa tipsnya?

1. Membersihkan tinta di jok

persiapan-dan-tips-membersihkan-jok-mobil-yang-sempurna


Mungkin hal yang satu ini cukup jarang terjadi. Namun, jika tinda terjatuh di bagian jok, tentunya ini mengurangi estetika dari jok itu sendiri. Jika memang benar tinta mobil terdapat di jok mobil kamu, maka cara membersihkannya pun sederhana.

Gunakkanlah cairan alkohol dengan kadar 70%. Oleskan alkohol tersebut di . Namun, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena alkohol yang berlebihan justru bisa merusak hingga mengubah warna jok mobil.

Selain alkohol, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer. Cara menggosoknya pun bisa dilakukan secara perlahan dan tidak kasar.

2. Noda minyak di jok mobil

persiapan-dan-tips-membersihkan-jok-mobil-yang-sempurna


Nah, hal ini yang mungkin sering terjadi. Misalnya, setelah membeli makanan, tiba-tiba minyak dari makanan terjatuh di jok mobil. Atau, kebiasaan buruk mengelap tangan yang penuh dengan bekas minyak makanan di bagian jok.

Agar noda-noda minyak ini tidak menempel dan membekas di jok mobil, cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan pembersih kuku.

Oleskan cairan ini ke bagian jok mobil yang terkena lemak atau minyak dengan menggunakan kain yang lembut. Setelah itu, taburkan soda secukupnya dan tunggu selama satu hari agar bekas minyak tak lagi menempel di bagian jok mobil.

Cairan pembersih kuku bisa digunakan untuk jok berbahan fabric atau pun kulit. Sementara iu, baking soda bisa berfungsi untuk meminimalisir bau yang tertinggal akibat noda minyak yang menempel di jok mobil.

Jadi, mudahkan melakukan tips membersihkan jok mobil sendiri di rumah?

Baca juga: 4 Tips Sederhana Membersihkan dan Merawat Sendiri Ruang Mesin Mobil

Artikel Rekomendasi

Baca juga