fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Perlengkapan Ini Mudahkan Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Jamur
Article 01

Munculnya jamur di kaca mobil memang benar-benar menganggu. Selain menganggu pandangan dari balik kemudi, jamur-jamur yang menempel di bagian kaca ini juga menganggu eksterior mobil.

Cara membersihkan kaca mobil dari Jamur sebenarnya tergolong mudah. Hanya membutuhkan waktu yang dan peralatan yang tepat. Lalu, bagaimana cara menyingkirkan jamur ini dari kaca mobil?

1. Gunakan cairan pembersih jamur khusus mobil yang bisa kamu temukan di bengkel-bengkel terdekat.

2. Siapkan air bersih dan bilas kaca mobil. Lalu, keringkan dengan kain microfiber atau bahkan kain kering lainnya.

3. Gunakan cairan pembersih tadi di setiap kaca mobil. Lalu, gosok dengan kain kering yang bersih.

4. Setelah semuanya selesai, kamu bisa menggunakan kanebo basah untuk menghilangkan cairan pembersih agar tidak tertinggal di kaca. Setelah sampai di sini, keringkan kaca mobil dengan kain lap.

Satu hal yang wajib dijadikan panduan adalah, kaca mobil ini bisa dibersihkan berulang kali ketika noda-noda atau jamur masih menempel di kaca mobil.

Baca juga: Rawat dan Kenali Penyebab Kaca Film Mobil Rusak

Bahan alami pembersih kaca

perlengkapan-ini-mudahkan-cara-membersihkan-kaca-mobil-dari-jamur

Selain cairan pembersih kaca mobil yang dapat dibeli di bengkel-bengkel, ada beberapa bahan alami atau perlengkapan rumah tangga lainnya yang bisa digunakan untuk menyingkirkan jamur di kaca mobil. Berikut alternatif yang bisa kamu pilih.

1. Cuka apel

Cuka apel paling sering digunakan sebagai bahan untuk menyiapkan masakan. Namun, siapa sangka, perlengkapan untuk masak ini bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil yang berjamur.

Cara membersihkan kaca mobil dari jamur menggunakan benda ini pun tergolong mudah. Masukkan tiga hingga empat sendok makan cuka apel dalam 1 liter air. Celupkan kain lembut dan gosok di bagian kaca mobil.

2. Pemutih untuk pakaian

Selanjutnya adalah pemutih pakaian. Siapkan kain bersih yang lemut, dan kemudian campurkan dengan pemutih pakaian. Gosok ke bagian kaca yang berjamur.

Jangan lupa, setelah melakukan proses ini, lanjutkan dengan membersihkan kaca mobil menggunakan air biasa.

3. Alkohol

Biasanya, kandungan alkohol dengan kadar 50% hingga 70% bisa digunakan untuk membersihkan luka atau beberapa perangkat elektronik. Namun, alkohol dengan kadar tersebut ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil.

Cara melakukannya pun sangat mudah. Celupkan kain lembut ke dalam alkohol secukupnya, dan kemudian gosokkan kain tersebut di bagian kaca yang berjamur.

4. Pasta gigi

Satu lagi peralatan rumah tangga yang bisa mengubah kaca mobil lebih bersih dan menyingkirkan jamur. Benar, pasta gigi dapat membantu membersihkan kaca mobil.


Oleskan pasta gigi pada kaca mobil yang berjamur dan tunggu beberapa detik hingg kering. Setelah kering siramkan air dan gosok menggunakan kombinasi air bersih dan kain kering yang lembut. Setelah kering, bersihkan lapi dengan menggunakan kain kering.

Baca juga: 4 Cara Merawat Power Window Mobil yang Mudah dan Bikin Aman

Baca juga: Mengenal Jenis Kaca mobil Berdasarkan Ketahanannya

Artikel Rekomendasi

Baca juga