fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Penyebab Gangguan Pada Lampu Mobil yang Bisa Berakhir Rusak
Article 01

Komponen yang kerap dianggap "yang penting ada", namun jika terjadi pada komponen ini, bisa membuat pemilik mobil harus berpikir keras untuk memperbaikinya.

Apalagi ketika sang pemilik tidak mengetahui penyebab lampu mobil rusak. Bisa-bisa mulai diutak-atik sendiri, namun malah menganggu sistem kelistrikan mobil.

Pada mobil, terdapat berbagai macam jenis lampu, mulai dari lampu depan, lampu belakang yang merupakan tanda dari rem dan mobil yang mundur adalah komponen yang saling terkait satu sama lain.

Baca juga: Lalu, apa yang menjadi penyebab lampu mobil menjadi rusak atau bahkan mati?

Baca juga: 4 Tahapan Membersihkan Lampu Mobil Buram Jadi Kinclong

1. Lampu mobil tiba-tiba mati

penyebab-gangguan-pada-lampu-mobil-yang-bisa-berakhir-rusak

Lampu depan atau belakang yang tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh karena putus sekring pada lampu. Apalagi jika arus listrik yang masuk kemudian menyebabkan konsleting pada jalur kabel.

Penyebab lain yang sering terjadi adalah lampu mobil dan ukuran voltasenya tidak sama. Hal seperti ini terjadi karena modifikasi-modifikasi yang kemudian kerap salah arah.

Jika kamu mengalami kejadian seperti ini, sebaiknya lakukan pengecekan pada seluruh hal yang terkait dengan komponen lampu mobil. Mulai dari kelistrikan hingga voltasenya.

Jika kamu ragu melakukannya sendiri, maka lakukan perawatan mobil di bengkel dengan mekanik-mekanik terbaik dan paham betul dengan sistem kelistrikan mobil beserta komponen-komponennya.

2. Lampu jauh dan lampu jarak pendek

penyebab-gangguan-pada-lampu-mobil-yang-bisa-berakhir-rusak


Pemilik mobil pasti paham dengan fungsi lampi yang satu ini. Namun, beberapa diantaranya masih binggung, karena beberapa fungsi dari lampu tersebut tidak bekerja dengan baik.

Terkadang, lampu jauh menyala, namun sebaliknya lampu pendek yang mati. Bahkan, tidak jarang pula beberapa pemilik mobil yang mengalami kejadian sebaliknya. Lampu pendek menyala, sementara itu, lampu jauh yang mati.

Salah satu penyebab paling umum adalah lampu mobil yang sudah habis umur ekonomisnya. Jika dirasa, lampu tersebut masih cukup baru, maka sekali lagi cek sekring dari lampu mobil tersebut. Belum cukup sampai di situ, pastikan lagi apakah sambungan kabel masih terawat atau bahkan terhubung dengan lampu utama.

3. Redup sebelah

penyebab-gangguan-pada-lampu-mobil-yang-bisa-berakhir-rusak

Lampu mobil yang mati tentunya berbeda dengan lampu mobil yang meredup. Terkadang hal ini kerap menganggu pemilik mobil, terutama ketika melintasi jalanan di malam hari.

Penyebab paling umum adalah koneksi kabel-kabel yang bermasalah. Mulai dari kurang tepatnya pemasangan kabel yang menempel ke bodi mobil.

Salah satu solusi yang paling sering dilakukan adalah dengan memperbaiki kabel yang berada di sekitar headleamp. Jika kamu merasa ragu-ragu untuk melakukannya sendiri, tentunya tidak salah rasanya untuk datang langsung ke bengkel dan memperbaiki kabel-kabel yang terhubung antara headlamp mobil.

4. Lampu belakang/rem mobil mati

penyebab-gangguan-pada-lampu-mobil-yang-bisa-berakhir-rusak

Mengesalkan, sekaligus berbahaya jika dibiarkan. Lampu rem yang tidak menyala akan memberikan dampak yang mengerikan sepertinya terjadi kecelakaan.

Nah, untuk mengantisipasi lamu belakang mobil yang tidak menyala, cek lagi kabel-kabel yang menghubungkan lampu ini dan membuatnya bekerja.

Jika ragu-ragu berkonsultasi ke mekanik di bengkel bisa jadi salah satu solusinya.

5. Gangguan lampu sein

penyebab-gangguan-pada-lampu-mobil-yang-bisa-berakhir-rusak


Lampu sein bermasalah? Hal ini juga bisa memberikan bahaya tersendiri. Namun, gejala lampu sein bermasalah sebenarnya bisa dicek di bagian speedometer.

Jika lampu menyala dengan cepat, bisa jadi salah satu yang memberikan pengaruh yang menandakan lampu tersebut rusak. Hal yang paling penting untuk hal ini adalah dengan melakukan pengecekan pada bola lampu mobil yang mungkin usianya sudah terlalu tua.

Jika ingin menggantinya sendiri, kamu bisa mencocokkannya dengan voltase dan pastikan agar sambungannya terpasang baik di soket.

Baca juga: Mengenal Beda Teknologi Lampu Mobil Terbaru, LED, HID dan Halogen

Baca juga: 4 Cara untuk Cari Tahu Penyebab Listrik Mobil Tidak Stabil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga