fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Penting! Seperti Ini Cara Mudah Merawat Pelek Mobil
Article 01

Pelek mobil bukan hanya sekadar untuk aksesris mobil saja. Namun, punya peranan penting agar perjalanan dengan mobil berjalanlancar. Mesin memang punya peranan penting. Namun untuk menghubungkan semua kinerja mesin dan mengalirkannya ke seluruh bagian roda juga jadi peranan penting pelek. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengeraui cara merawat pelek mobil dengan tepat.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya? Sebelum masuk ke dalam perawatan pelek mobil yang bisa dilakukan sendiri, perawatan bagian mobil yang satu ini tak bisa lepas dari kondisi ban mobil dan komponen pendukung lainnya.

Baca juga: Ban Mobil Benjol? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baca juga: Jika dibiarkan 5 Kerusakan Pada Ban Mobil Ini Bisa Berakibat Fatal

1. Cek sebelum perjalanan

Cara perawatan pelek mobil paling sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah adalah dengan rajin mengecek kondisi pelek mobil itu sendiri sebelum melakukan perjalanan.

Tak perduli, apakah hal tersebut merupakan perjalanan jauh atau perjalanan singkat. Kebiasaan seperti ini akan membantu kamu memastikan apakah pelek mobil akan bekerja dengan baik atau tidak selama dalam perjalanan.

Jangan sampai pelek mobil kemudian tidak berfungsi dengan baik selama perjalanan dan akan berujung pada gangguan ban mobil.

2. Cek kondisi ban mobil

Setelah melakukan pengecekan pada pelek, pemeriksaan pada kondisi ban dan memastikan tidak ada yang kekurangan tekanan angin atau bocor adalah hal yang penting.

Tak jarang pemilik mobil terkadang 'membiarkan' saja kondisi ban jika kekurangan tekanan angin. Jika terus dipaksakan atau bahkan digunakan untuk berkendara, maka hal ini bisa memengaruhi pelek mobil itu sendiri. Jadi, selama memperhatikan kondisi pelek mobil, jangan lupa pula untuk memeriksakan kondisi ban mobil.

3. Servis berkala

Ini hal penting. Meskipun pelek mobil terkadang bukan bagian penting dalam servis berkala, namun sebagai pemilik mobil, kamu tetap wajib berkonsultasi dengan mekanik atau montir untuk memeriksa kondisi pelek mobil.

Pengecekan rutin ini bisa lakukan sesuai dengan jadwal servis berkala di bengkel-bengkel terbaik dari pabrikan mobil. Jika servis bergaransi kamu sudah habis, jangan sampai terlewatkan untuk mengecek kondisi pelek mobil.

Satu bulan sekali adalah waktu yang tepat untuk memeriksakan kondisi pelek mobil ke bengkel-bengkel terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal kamu.

4. Dicuci secara Rutin

Bicara pelek mobil, pasitnya bicara tentang keindahan. Oleh karena itu, mencuci pelek mobil secara rutin akan memberikan arti perawatan tersendiri.

Pelek mobil akan terhindar dari debu dan kotoran yang lama menumpuk serta menganggu keindahan mobil. Bahkan, cara ini bisa menghindarkan agar pelek mobil tidak berkarat.

Jadi, rutin membersihkan bagian ini bisa jadi salah satu cara perawatan pelek mobil yang efektif.

5. Kondisi jalanan

Mengamati atau mengingat kondisi jalanan yang sudah dilalui bisa jadi hal yang solutif dalam perawatan pelek mobil. Jika pelek mobil ingin terus terawat, pastikan untuk tidak melewati jalanan yang kondisinya rusak.

Jika terpaksa harus melewati jalanan tersebut, pastikan juga agar kamu sebagai pemilik mobil tidak mengemudikannya dengan cara yang asal-asalan. Mudahkan? Cara merawat pelek mobil sendiri.

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga