fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Penting! Ini 4 Ciri dan Penyebab Thermostat AC Mobil Jadi Rusak
Article 01


Beberapa dari kita tentunya bertanya-tanya, bagaimana cara AC mobil bekerja mendinginkan kabin mobil. Nah, salah satunya adalah berkat kehadiran Thermostat AC mobil yang berfungsi mengontrol suhu yang akan dikeluarkan AC itu sendiri. Lalu, bagaimana jadinya jika Thermostat AC mobil rusak?

Beberapa penyebab paling umum adalah menempatkan thermostat dalam posisi paling dingin. Sementara tekanan udara di luar sedang dalam posisi yang rendah. Namun, tak hanya itu, saja, beberapa gejala thermostat mobil rusak bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini.

Baca juga: Konsultasikan 5 Hal Ini Sebelum Servis AC Mobil di Bengkel

Baca juga: Cara Memeriksa Kompresor AC Mobil Jika Diduga Rusak

1. Proses kerja thermostat

penting-ini-ciri-dan-penyebab-thermostat-ac-mobil-jadi-rusak

Proses kerja thermostat sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dipahami. Benda ini akan bekerja ketika suhu mesin sangat panas atau dingin.

Sebaliknya, jika thermostat mengalami kerusakan, maka dimulai dari ketidakmampuannya menstabilkan suhu udara di dalam kabin. Hal ini terjadi karena radiator tidak bekerja dengan baik dan ikut memengaruhi kinerja mesin serta berefek pada thermostat AC mobil.

2. Mesin overheat

penting-ini-ciri-dan-penyebab-thermostat-ac-mobil-jadi-rusak

Mesin yang sudah overheat pun akan berpengaruh pada kinerja thermostat mobil. Salah satu indikasi adalah munculnya asap dari ruang mesin.

Namun, mesin yang overhat secara keseluruhan akan membuat performa mobil akan stagnan dan berefek pada hembusan suhu AC mobil yang tidak maksimal.

3. Suhu mesin mencapai 90 derajat celcius

penting-ini-ciri-dan-penyebab-thermostat-ac-mobil-jadi-rusak

Bagaimana cara mengetahui jika kondisi thermostat sedang mengalami kemacetan? Hal ini tidak terdekteksi ketika katupnya tidak terbuka ketika suhu mesin sudah sangat panas.

Kondisi thermostat yang macet akan terjadi ketika suhu mesin mencapai 90 derajat celcius. Efeknya, sirkulasi ke radiator akan terhambat dan hembusan AC mobil menjadi tidak terasa atau bahkan berujung pada hawa udara yang panas.

4. BBM terkuras

penting-ini-ciri-dan-penyebab-thermostat-ac-mobil-jadi-rusak

Terakhir, indikasi thermostat AC mobil rusak bisa terlihat dari konsumsi bahan bakar mobil. Ketika bahan bakar mudah tersedot, itu aritnya suhu mesin tidak stabil dan membutuhkan kinerja mesin agar terus bekerja.

Cara ini untuk memastikan kinerja suhu mesin tersebut kembali normal. Jika ini terjadi, biasanya akan terasa pada konsumsi bahan bakar yang begitu boros.

Baca juga: Selain Servis Ini Tips Merawat AC Mobil Agar Kembali Dingin

Baca juga: Mengenali Penyebab Kerusakan Evaporator Pada AC Mobil

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga