fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Nyetir Tidak Nyaman? Kenali Gejala Kerusakan Pada Tie Rod Mobil
Article 01

Stir mobil bukan hanya satu-satunya komponen penting mobil di balik kemudi. Salah satunya adalah kehadiran Tie rod berada pada posisi diantara steering gearbox (steering rack) dan knuckle roda depan.

Seperti halnya komponen mobil pada umumnya, Tie rod pun tak luput dari masalah. Memang, cukup sulit untuk menelisik masalah pada komponen yang satu ini tanpa bantuan mekanik atau profesional di bengkel terbaik yang ada di kota kamu. Namun, kamu sendiri sebenarnya sudah bisa mengenali kerusakan Tie rod mobil dengan cara yang sederhana.

Lalu, apa saja penyebab kerusakan Tie rod mobil? Seperti apa gejalanya?

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaki-kaki Mobil yang Bisa Menghemat Biaya Servis

Baca juga: Cek 5 Bagian Komponen Kaki-kaki Mobil yang Rawan Rusak

1. Stir bergetar

nyetir-tidak-nyaman?-kenali-gejala-kerusakan-pada-tie-rod-mobil

Stir bergetar memang punya banyak penyebabnya. Namun, bagaimana jadinya jika stir bergetar ketika mobil sedang dibelokkan. Bisa jadi penyebabnya adalah gangguan pada Tie rod mobil.

Salah satunya adalah pada masalah simpul Tie rod yang aus dan bergetar memberikan efek hingga ke bagian kemudi. Jangan biarkan ini terkadi pada mobil kamu, karena jika pada saat tertentu akan menganggu kenyamanan dalam berkemudi.

2. Suara dari bagian kaki-kaki

nyetir-tidak-nyaman?-kenali-gejala-kerusakan-pada-tie-rod-mobil


Masih terkait dengan simpul pada bagian Tie rod, yang menyebabkan stir jadi bergetar. Jika ini terus terjadi, efek selanjutnya adalah kaki-kaki mobil mengeluarkan suara yang selama ini tidak pernah terjadi.

Sangat memungkinkan hal ini terjadi karena gangguan pada Tie rod. Segera bawa mobil kamu ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perawatan dari mekanik atau montir yang profesional untuk mengurusi masalah ini.

3. Ban mobil berbelok

The structure of the modern car. Elements of front suspension. Control arm. Tie rod. Drive unit. Wheel bearing housing. Shock absorber.

Selama ini keseimbangan mobil selalu identik dengan bagaimana pengemudi mengendalikan mobilnya. Namun, tak jarang pula, masalah seperti ini terjadi ketika ban mobil berbelok sendiri ke salah satu arah.

Hal ini terjadi karena ban mobil berputar ke kanan dan ke kiri tanpa dikendalikan dibalik kemudi. Hal paling nyata adalah ketika mobil sedang melaju di lintasan lurus, namun tanpa disadari pergerakan ban mobil justru berbelok sendiri.

Jika dibiarkan seperti ini terus, bukan berarti keamanan dalam berkendara akan terganggu. Segera perbaiki akar penyebab kerusakan Tie rod mobil tidak terjadi.

Baca juga: Kaki-kaki Mobil Berisik? Cek Bagian Komponen Mobil Ini Terlebih Dahulu

Baca juga: Ini Sebabnya Setir Mobil Manual Sulit Dikendalikan dan Terasa Berat

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga