Beginikah Tampilan Honda Jazz 2020

Beginikah Tampilan Honda Jazz 2020?

Akhir Maret lalu, berkeliaran foto kamuflase Honda Fit teranyar. Unit tengah menjalani uji jalan di daratan Eropa. Model yang dikenal sebagai Honda Jazz di Indonesia, diprediksi semakin dekat dengan versi produksi massal. Meski tertutupi stiker, guratan muka dan bodi masih sangat kentara mencuat. Jadi Anda pun bisa sedikit lebih mudah menebak paras anyarnya.

Gambar itu juga turut memperlihatkan bentuk tubuh lebih ramping. Makin proporsional sebagai Honda Jazz generasi keempat. Tentu, desain hatchback khas Honda tetap kuat. Kemudian generasi anyar ini tampak lebih lebar dan sporty dibandingkan model yang dijual sekarang.

Artis Brasil, Kleber Silva membayangkan bagaimana tampilan Honda Jazz 2020 tanpa kamuflase. Ia menuangkan imajinasi dalam rendering. Namun sebagai acuan, diambil dari foto kamuflase. Ia mencoba ‘menelanjangi’ stiker dan menjadikan gambar bersih bak aslinya. Hasilnya, wajah tampak tak terlalu agresif, dengan bentuk lampu utama oval. Head lamp tampak dibekali DRL LED.

Bumper depan juga punya desain yang cenderung melengkung, bukan pahatan tajam. Profilnya mirip dengan hasil bidikan kamuflase. Mungkin konsumen Indonesia yang terbiasa dengan bumper sporty tajam, agak sedikit kecewa melihatnya. Bagian samping juga tetap sama dengan yang ada saat ini. Garis guratan dalam, mengalir dari handle pintu depan hingga ke belakang.

Tapi untuk bagian buritan, foto terkaan terlihat meleset. Si seniman Photoshop sepertinya tersesat jauh. Sebab kalau mengacu dari prototipe tes Honda, lampu belakang mirip dengan model sekarang. Sedangkan pada rendering, lampu belakang terinspirasi dari model CR-V terlihat cukup keren. Tetapi, sepertinya, versi mobil produksi tidak akan mendapatkannya. Interpretasi yang diberikan ini adalah salah satu hal menyenangkan. Meski kita harus menunggu tampilan aslinya.

Bagian interior diprediksi tak banyak berubah. Kecuali dengan tambahan fitur keamanan seperti airbags. Walau belum ada informasi yang pasti, namun dari rumor yang beredar, ia pakai head unit layar sentuh. Modelnya floating dengan dimensi besar, sesuai tren kekinian dan banyak fitur audio.

Jazz atau Fit terbaru mungkin dikenalkan pertengahan 2019 di Jepang. Dan yang menarik, ia pakai jantung mekanis turbo. Engine tertanam berkubikasi 1,0 liter dengan jumlah tiga silinder. Keluaran tenaga maksimumnya, diperkirakan mencapai 126,7 PS.

Versi hybrid juga kemungkinan turut ditawarkan. Bedanya dengan model mesin konvensioanal, ia menggunakan dua motor listrik. Bahkan di beberapa negara, fiturnya makin komplit. Disuguhi sistem navigasi teranyar, dengan informasi lalu lintas dan koneksi wi-fi dalam mobil.

Sumber : www.oto.com