Ternyata, Begini Tune Up Mobil yang Baik

Ternyata, Begini Tune Up Mobil yang Baik

Servis tune-up mobil dulunya memang akrab dengan urusan mesin. Namun, itu adalah era mobil karburator ketika setelan mesti disesuaikan. Sejatinya, zaman yang sudah berubah menuntut pula penyempurnaan pada urusan tune-up.

Itu pula yang coba dijelaskan Gunawan, Manager Operasional Carfix Indonesia, bengkel yang sedang banyak dibahas pemudik karena sekali masuk bukan cuma ganti oli, tetapi komplet sampai terima perbaikan kelistrikan.

Pasalnya, banyak bengkel yang masih berpegang pada cara lama sehingga tune-up tersebut tidak berefek besar.

"Biasanya kalau di bengkel mungkin cuma lepas busi, ganti busi. Bersihkan filter udara, dicoba mobilnya, selesai. Kadang ada yang seperti itu. Pengecekan mungkin hanya feeling, digas tenaganya naik atau enggak," ujarnya.

Ia pun menekankan bahwa prinsip dasar tune-up di era kekinian adalah pengembalian kondisi awal mobil.

"Prinsipnya (tune-up adalah) mengembalikan kondisi awal mobil. Salah satunya cek pelumasan, air radiator, wiper. Terus nanti kayak minyak rem, minyak kopling yang hubungannya dengan mesin, busi, filter udara, belt, harus diperiksa semua," kata dia.

Bukan cuma itu, bengkelnya juga memberlakukan scanning engine. Pasalnya, mobil-mobil masa kini sudah lazim dengan urusan ECU dan sensor.

"Ada problem enggak di kinerja mesin itu. Sensor apa yang bermasalah. Perlu dibersihkan atau diganti. Kalau cuma copot busi, pengaruhnya sangat kecil. Bukan cuma dari tenaga saja, tetapi safety harus dicek semua," kata dia seraya menambahkan bahwa ketersediaan alat servis juga menjadi faktor penting.

Sumber : www.otosia.com