Tips Merawat Power Window Mobil Biar Gak Seret Saat Dipakai

Tips Merawat Power Window Mobil Biar Gak Seret Saat Dipakai

Merawat power window dibutuhkan agar kinerjanya tetap terjaga sehingga tidak tersendat atau seret saat akan membuka dan menutup kaca jendela mobil. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk merawat komponen ini.

Saat ini mungkin tak ada mobil yang tidak menggunakan power window. Komponen tersebut tentu saja menawarkan kenyamanan bagi pengemudi dan seluruh penumpang di dalam mobil. Karena dengan power window, membuka dan menutup kaca jendela mobil jadi lebih mudah.

Jika puluhan tahun lalu untuk membuka dan menutup kaca jendela mobil membutuhkan tenaga dengan cara memutar engkol jendela, maka dengan power window, peran engkol itu sudah digantikan sistem mekanik.

Tetapi sama seperti komponen kendaraan lainnya, power window juga butuh perawatan, dan dalam merawat power window sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Tetapi para pemilik mobil perlu untuk memperhatikan hal ini.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat power window:

1. Cek Kondisinya Secara Rutin

Pastikan Anda untuk mengecek secara rutin kondisi power window mobil Anda. Setidaknya periksa setiap 6 bulan sekali, apakah kinerja membuka dan menutup kaca jendela mobil masih lancar atau sudah tersendat atau seret. Hal ini penting untuk upaya mencegah power window rusak saat dibutuhkan.

2. Bersihkan Karet Kaca

Dalam merawat power window, Anda juga harus memperhatikan kondisi karet kaca mobil Anda. Bersihkan secara teratur, caranya dengan menggunakan silicone spray. Jangan menggunakan cairan penetran karena cairan semacam ini justru akan mengundang debu untuk datang kembali. Silicone spray akan lebih netral dan berfungsi dengan baik. Semprot sepanjang jalur karet dan termasuk karet yang menempel pada frame pintu.

3. Bersihkan Kaca Jika Kotor

Merawat power window sama dengan menjaga kebersihan area kaca jendela mobil. Disarankan untuk rutin mencuci mobil setelah melakukan perjalanan jauh atau menempuh rute yang berdebu atau berlumpur. Jangan lupa juga untuk membersihkan seluruh kaca mobil dan karet jendelanya. Ketika mencuci mobil, jangan lupa menggunakan shampo mobil dengan kualitas baik agar kelembapan dan elastisitas karet dapat terjaga.

4. Gunakan Power Window Seperlunya

Agar menjaga kinerja power window bisa bertahan lama, maka naikkan dan turunkan kaca jendela seperlunya saja. Sebaiknya hindari membuka kaca jendela mobil saat kondisi kaca sedang basah. Juga jangan pernah membuka kaca jendela setelah Anda melewati jalan berdebu atau berlumpur. Karena debu atau lumpur dari kaca akan masuk ke sela-sela jendela dan merusak power window.

Demikian cara merawat power window mobil Anda. Selamat mencoba!

Sumber : cintamobil.com