Biar Aman, Pastikan Anda Mengatur Posisi Duduk Sebelum Mengemudi

Biar Aman, Pastikan Anda Mengatur Posisi Duduk Sebelum Mengemudi

Penting buat Anda mengemudi senyaman mungkin demi menjaga konsentrasi dan fokus berkendara, salah satunya dengan mengatur posisi duduk yang nyaman. Nah, yang wajib Anda perhatikan Anda tidak boleh melakukannya saat sedang mengemudi dan mobil tengah berjalan.

Banyak faktor yang mempengaruhi keselamatan dan keamanan saat berkendara mulai dari kondisi kendaraan, kondisi tubuh pengemudi, kondisi lalu lintas, hingga gaya mengemudi. Salah satu hal yang juga turut berperan terhadap keselamatan adalah kenyamanan posisi duduk saat mengemudi. Ini penting, dalam kondisi tidak nyaman pengemudi bisa kehilangan konsentrasi dan fokus yang membuat potensi kecelakaan menjadi lebih besar. Lalu bagaimana mengatur posisi duduk yang benar?

Posisi duduk yang nyaman saat mengemudi berbeda antara satu pengemudi yang satu dengan yang lain. Tidak bisa disamakan sebab kondisi satu pengemudi dengan yang lain juga berbeda, tinggi badannya berbeda ada yang tinggi ada yang pendek, ukuran tubuhnya berbeda, ada yang kurus ada yang gemuk. Lalu tingkat kenyamanannya juga berbeda, misalnya yang satu suka mengemudi dengan posisi sandaran tegak, yang lain lebih suka agak condong ke belakang. Ada yang suka posisi duduknya mepet ke depan dekat dengan setir, ada yang suka agak ke belakang.

Seperti apapun posisi duduk yang paling nyaman, semua pengaturan WAJIB dilakukan sebelum mengemudi atau saat mobil masih berhenti. Anda tidak boleh melakukannya ketika mobil tengah berjalan, lebih-lebih dalam kecepatan tinggi sebab itu sangat berbahaya. Jika pun mobil sudah terlanjut jalan dan Anda merasa posisi duduk tidak nyaman, Anda harus menepi dan berhenti lalu mengatur posisi duduk sampai benar-benar nyaman.

Mengatur posisi duduk butuh ketenangan dan konsentrasi untuk mendapatkan rasa nyaman yang pas. Kalau itu dilakukan saat mobil tengah melaju, Anda akan sulit mendapatkannya sebab konsentrasi Anda terbagi juga untuk mengoperasikan setir dan pedal-pedal. Kalau dipaksakan akan sangat berbahaya, bisa saja mobil menjadi oleng keluar jalur karena tangan secara tidak sengaja membelokkan setir, atau mungkin juga terjadi pengereman mendadak karena kaki tak sengaja menginjak pedal rem.

Setelah mendapatkan posisi duduk paling nyaman, atur juga semua spion yang di kanan, kiri dan tengah. Pastikan semuanya memberi visibiltas yang baik untuk melihat objek di belakang. Lagi-lagi harus diperhatikan, meski pengaturan spion sudah elektrik, sebaiknya Anda melakukannya saat berhenti agar konsentrasi tidak terganggu. Kalau semua sudah oke, Anda sudah mengatur posisi duduk paling nyaman dan sudah mendapatkan visibilitas kaca spion yang terbaik, barulah Anda berangkat ke tempat tujuan.

Sumber : img.cintamobil.com