Beda Material Beda Cara, Begini Cara Membersihkan Jok Mobil

Beda Material Beda Cara, Begini Cara Membersihkan Jok Mobil

Noda yang mengotori jok tidak hanya merusak penampilan tapi juga menganggu kenyamanan perjalanan. Namun ada perlakukan berbeda dengan material yang berbeda pada tiap jok. Agar noda tersebut hilang dan jok tidak rusak, berikut cara membersihkan jok mobil Anda.

Kondisi mobil yang bersih akan sempurna bagi sebagian orang menjadi hal penting. Masalah pun datang ketika salah satu bagian interior yakni jok terpapar noda seperti tumpahan minuman bersoda, susu, tanah atau muntahan balita yang kerap terjadi dalam perjalanan. Jika sudah mengalami hal tersebut, maka pembersihan adalah hal yang wajib dilakukan. Tapi ternyata bila beda material jok, maka beda cara membersihkan jok mobil agar tidak merusaknya.

1. Material Fabric

Bila jok mobil Anda menggunakan bahan fabric, biasanya noda lebih cepat meresap dan membekas. Jika terkenda noda, maka segera ambil kain kering untuk menyerapnya dan diusapkan pada bagian tersebut agar noda hilang. Bila masih ada sisa noda, semprotkan cairan pembersih dan diamkan selama 1-2 menit agar meresap. Lakukan usapan dengan lap kering agar noda hilang sebagai salah satu cara membersihkan jok mobil.

Namun bila jok berbahan fabric terkena muntahan bayi, segera keringkan menggunakan lap kering dengan menekannya. Lalu bersihkan dengan menggunakan sikat lembut pada bagian yang telah disemprotkan cairan pembersih. Setelah itu lap jok dengan kain kering sebagai langkah terakhir cara membersihkan jok mobil berbahan fabric.

2. Material Kulit atau Kulit Sintetis

Siapkan kain lap, air dan cairan pembersih sebagai alatnya. Langkah pertama dalam cara membersihkan jok mobil berbahan kuit adalah basahkan kain lap yang Anda miliki dan usapkan pada bagian yang kotor sampai hilang. Setelah noda terlihat menghilang, lanjutkan dengan mengusapkan lap kain kering pada bagian tersebut. Semprotkan cairan pembersih untuk menghilangkan noda secara menyeluruh dan diamkan selama 2 menit.

Selanjutnya lakukan mengusap bagian seluruh jok dengan kain lap kering agar hasil lebih sempurna. Namun bila jok mobil kulit Anda tertumpah muntahan, lakukan langkah pertama dengan mengelapnya menggunakan kain kering agar cairan tidak menempel. Pada intinya jangan membiarkan cairan apapun menempel terlalu lama pada jok mobil agar tidak membekas. Cara membersihkan jok mobil ini bisa Anda lakukan saat akhir pekan atau waktu lengang.

Sumber : cintamobil.com