Tips Memiliki Mobil Impian

Memiliki mobil pribadi punya banyak keuntungan. Didukung dengan semakin berkembangnya infrastruktur seperti jalan tol dan bertambahnya rute baru, maka akses dari satu daerah ke daerah lain kini menjadi semakin mudah. Dengan menggunakan mobil pribadi, Anda pun bisa mengajak keluarga maupun kerabat dalam keriaan bersama.

Saat ini banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan sebuah kendaraan. Pastinya mobil impian harus aman, nyaman, dan punya segudang fitur untuk bisa mengakomodasi segala kebutuhan Anda. Berikut beberapa tips sebelum membeli mobil.

Siapkan Uang Muka (Down Payment - DP)

Cara paling utama untuk menyiapkan down payment adalah konsisten menyisihkan pendapatan Anda. Bisa dimulai dari 25 persen, 30 persen atau bahkan 50 persen. Tentunya harus punya disiplin kuat untuk tidak menghamburkan uang, pada sesuatu yang dianggap kurang perlu. Sebab uang muka untuk mobil SUV, MPV besar maupun sedan premium butuh dana yang tidak sedikit. Semakin besar down payment, makin baik, sehingga cicilan bulanan bisa disesuaikan dengan cashflow yang tepat buat Anda.

Harus Cermat

Ini juga tidak kalah penting, menentukan kebutuhan jenis mobil merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan, karena kebutuhan mobil masing – masing orang berbeda – beda. Ada sebagian orang yang memilih jenis mobil mini bus karena orang tersebut membutuhkan mobil dengn space yang cukup untuk memenuhi kebutuhan transportasi keluarga. Namun, ada pula orang yang memilih tipe sedan atau city car karena orang tersebut membutuhkan mobil untuk membantu memperlancar aktifitas hobi dan atau menjalankan pekerjaannya. Jadi, kita harus benar – benar cermat dalam menentukan mobil yang menjadi kebutuhan dan impian kita.

Riset Promo

Ada baiknya kita rajin mencari informasi promo yang sedang ditawarkan baik dari pihak ATPM, pihak pembiayaan maupun bank, misalnya penawaran pembelian mobil secara kredit dengan DP rendah atau bahkan DP 0 persen hingga dapat membawa mobil impian anda secara cuma-cuma.

Namun tetap, sebelum mewujudkan impian itu, Anda harus punya perhitungan matang. Jangan sampai salah langkah, yang berakibat aliran keuangan menjadi terhambat. 

Solusi Mudah

Solusi mudah bisa Anda temukan. Misalnya, melalui program Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) yang ditawarkan dari beberapa bank. Banyak benefit yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan promo yang tersedia. Apalagi jika Anda punya dana berlebih.

Langkah pertama, Anda cukup menempatkan sejumlah dana tertentu di tabungan, dalam tenggat waktu tertentu. Semakin banyak jumlah dana yang ditabung, makin besar pula reward yang bisa Anda dapatkan, seperti DP 0 persen, bunga 0 persen hingga bebas angsuran. 

sumber : www.oto.com