fbpx Carsworld
Mobil Hybrid Mulai Jadi Tren, Ini Tips dan Cara Merawatnya
Article 01

Tak bisa dipungkiri, mobil Hybrid sedang menaiki tangga untuk menjadi salah satu mobil populer pada masanya. Faktanya, beberapa pabrikan kini mulai rajin mengenalkan mobil-mobil hybrid mereka.

Terlepas dari semua itu, banyak yang bertanya-tanya, apakah mobil hybrid itu? Bagaimana dengan perawatannya? Apakah cara merawat mobil hybrid sama dengan mobil-mobil konvensional atau bahkan mobil listrik yang juga tengah populer di masa kini?

Bagi yang belum familiar dengan mobil hybrid, tentunya berpikir apakah perawatannya akan sulit? Bagaimana dengan komponennya? Berapa biaya servis mobil Hybrid?

Sebelum pertanyaan itu terus berputar-putar di kepala, cara merawat mobil Hybrid ternyata sangat mudah. Tak percaya, berikut empat hal penting yang harus kamu ketahui tentang perawatan mobil Hybrid.

1. Listrik dan sistem baterai

mobil-hybrid-mulai-jadi-tren,-ini-tips-dan-cara-merawatnya

Tak pelak lagi, listrik adalah hal yang sangat penting bagi mobil. Perawatan mobil Hybrid bisa dimulai dari hal yang sesederhana seperti ini. Oleh karena itu, kamu wajib melakukan pemeriksaan sendiri terlebih dahulu dan tentu saja mengikuti buku panduan mobil Hybrid yang sudah diberikan oleh pabrikan.

Selain itu, baterai juga merupakan bagian penting dari mobil Hybrid. Ada beberapa hal penting terkait baterai mobil Hybrid yang perlau kamu ketahui. Baterai merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil hybrid.

Pastikan kamu selalu memeriksa kondisi baterai mobil satu hingga dua kali dalam sebulan. Jika ada komponen yang dirasa tidak optimal, segera konsultasikan ke bengkel. Jika memang sudah harus diganti, lakukan sesegera mungkin.

Bersihkan, kotoran-kotoran pada baterai dan cek secara berkelanjutan kondisi air baterai untuk memastikan mobil ini bisa bekerja dengan maksimal.

2. Radiator dan filter kipas

mobil-hybrid-mulai-jadi-tren,-ini-tips-dan-cara-merawatnya

Sama seperti mobil lain pada umumnya, mobil Hybrid pun punya radiator. Pastikan untuk selalu memeriksa cairan radiator mobil Hybrid. Jika hbis, lakukan pengisian ulang.

Selain itu, perawatan sederhana seperti menjaga kebersihan radiator pun sangat penting untuk dilakukan. Jika tidak, kotoran akan menempel dan bahkan bisa menyebabkan jamur menempel di bagian radiator.

Selain itu, kebersihan radiator juga perlu untuk selalu dijaga. Jika tak dijaga dengan baik maka jamur bisa muncul pada bagian ini dan mengganggu sistem kerja mobil hybrid.

Hal penting lain yang perlu diperiksa adalah bagian filter kipas untuk baterai. Bersihkan, dan lakukan servis berkala ketika mobil sudah menempuh jarak hingga 10.000km.

3. Cek komponen kendaraan

mobil-hybrid-mulai-jadi-tren,-ini-tips-dan-cara-merawatnya

Meskipun baterai, filter kipas hingga radiator adalah hal penting umtuk mobil Hybrid, jangan sampai lupa untuk merawat komponen mobil lainnya.

Mulai dari mesin, hingga sasis hingga inverter secara rutin. Khusus pada bagian inverter, perawatan berkala pun wajib dilakukan. Hal ini mengingat Inverters berfngusi meneruskan tenaga dari baterai untuk menggerakkan mobil.

4. Membersihkan mobil

mobil-hybrid-mulai-jadi-tren,-ini-tips-dan-cara-merawatnya

Perawatan paling sederhana, namun pemilik mobil Hybrid harus benar-benar melakukannya dengan secara hati-hati. Jika mobil konvesional bisa gebyar-gebyur air dengan acak, maka hal seperti ini tidak bisa dilakukan pada mobil Hybrid.

Khusus bagi mobil Hybrid, pembersihan pada area mesin tidak bisa dilakukan sembarangan. Mengingat mobil ini punya banyak sistem kelistrikan yang menjadi kekuatan mobil. Bahkan Nissan, sebagai salah satu pabrikan mobil yang kerap memproduksi mobil Hybrid menyarankan untuk mengelap bagian-bagian mesin saja.

Bahkan, bagian kolong pun tidak perlu dicui, dan hanya dilap saja dengan microfiber. Mudahkan, cara merawat mobil Hybrid?

Baca juga: 4 Cara Bagi Pemula Agar Merawat Mobil Matik dengan Maksimal

Baca juga: Selain Servis Berkala, Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Matik

Baca juga: 6 Urutan dan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil Matik

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga