fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Mengenali Penyebab Kerusakan Evaporator Pada AC Mobil
Article 01

AC mobil memang tidak bisa ditampikkan sebagai kebutuhan besar di dalam mobil. Fungsinya sendiri mampu memberikan kenyamanan bagi penumpang dan pemilik mobil. Namun, tak jarang jika secara tiba-tiba AC mobil mengalami kerusakan. Lalu apa penyebabnya? Salah satu yang paling penting untuk diperiksa adalah bagian evaporator ac mobil itu sendiri.

Fungsi dari evaporator sendiri adalah mengirimkan udara dingin yang didukung oleh hembusan angin dari blower. Jika ini tidak bekerja dengan baik, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan mencari tahu penyebabnya. Apa saja ya?

Baca juga: Sebelum Servis Berkala, Ini 4 Cara Merawat Sendiri AC Mobil

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bakalan Bikin AC Mobil Jadi Terawat

1. Jarang dibersihkan

Penyebab kerusakan evaporator ac mobil yang pertama adalah karena jarang dibersihkan. Tak adanya perawatan rutin secara berkala ikut menjadi pemicu kerusakan evaporator.

Paling parah, kejadian ini bisa memicu terjadinya ketidaknyamanan pada bagian mobil lainnya. Hal yang paling umum dan sering muncul adalah bau apek pada mobil, hingga hembusan angin yang sangat lemah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan evaporator AC mobil secara rutin.

2. Kebocoran evaporator

Hal lain yang bisa menjadi pemicu kerusakan pada bagian evaportar adalah karena terjadi kebocoran. Hal ini yang akan membuat kualitas dari freon berkurang.

Kebocoran ini pun bisa dipicu karena debu-debu yang membuat kondisi freon menimbulkan korosi. Jika dibiarkan, hal ini akan membuat kebocoran pada evaporator menjadi tidak terelakkan.

3. Tekanan dan tersumbatnya freon

Tekanan freon yang terlalu berlebihan juga akan membuat performa evaporator terganggu. Biasanya hal ini akan menimbulkan kebocoran. Plus, kondisi freon yang tersumbat dan faktor usianya yang sudah lama akan membuat tekanan tersebut menjadi berkurang.

Cara mencegah kerusanan Evaporator

Cara paling sederhana untuk mencegah kerusakan pada evaporator AC mobil adalah dengan melakukan perawatan yang tepat dan rutin. Mulai dari membersihkan kabin, hingga sesegera mungkin melakukan pergantian filter pada blower AC yang sudah berkarat atau bahkan mengalami korosi.

Hal lain yang perlu dicermati adalam mencegah terjadinya kerusakan evaporator pada AC mobil adalah dengan membiasakan diri mengemudikan mobil dengan baik dan tidak ugal-ugalan.

Cara ini akan mencegah terjadinya RPM mesin yang tinggi sehingga memengaruhi kondisi AC mobil.

Baca juga: Cara Memeriksa Kompresor AC Mobil Jika Diduga Rusak

Baca juga: Bikin Panas, Ini Penyebab dan Periksa Kondisi AC Mobil Saat Macet

Artikel Rekomendasi

Baca juga