fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Mengenal Jenis Kaca mobil Berdasarkan Ketahanannya
Article 01

Tak ada yang bisa menampik jika kaca mobil merupakan salah satu kompenen paling penting bagi mobil. Selain sebagai perlindungan keamanan dan kenyamanan, beragam jenis kaca mobil juga memberikan kemampuan aerodinamis dan visibilitas yang baik bagi pengemudi.

Meskipun terlihat sama, namun kaca mobil sebenarnya memiliki beberapa jenis bagian. Berikut beberapa jenis kaca mobil yang perlu kamu ketahui

Baca juga: Tidak Berfungsi dan Macet, Kenali 4 Penyebab Kerusakan Power Window

Baca juga: Perlengkapan Ini Mudahkan Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Jamur

1. Kaca Tempered

Salah satu kaca yang kuat karena jenis ini dikenal karena ukuran tebal 5 milimeter dan mampu menerima benturan hingga 1.500 Kg/Cm2.

Kaca mobil yang satu ini dikenal karena pembuatannya yang diproses dengan suhu 6000 derajat Celcius dan didinginkan oleh udara suhu normal, kaca ini diklaim lebih kuat 5 kali lipat dibanding jenis kaca mobil yang lain.

Secara umum, kaca mobil Tempered banyak ditempatkan pada bagian jendela samping dan belakang mobil.

2. Kaca Partially Tempered

Hampir sama dengan kaca tempered, namun, pada proses pembuatannya kaca ini memiliki kadar pendingin yang lebih sedikit pada bagian tengah kaca. Hal ini yang membuat kaca ini punya sedikit perbedaan dengan kaca tempered.

Bukannya tanpa tujuan. Kaca mobil yang satu ini memiliki fungsi lain, terutama ketika retak, bagian tengahnya tidak hancur begitu saja, namun ada titik tertentu yang memungkinkan pengemudi atau penumpang dapat melihat bagian kaca yang retak atau hancur itu sendiri.

3. Kaca Laminated


Kaca yang disebut mampu meredam benturan. Jika jenis kaca ini pecah, pengemudi atau penumpang tetap bisa melihat bagian luar tanpa terganggu bagian pecahan atau retak kaca mobil itu sendiri.

Ada tiga lapisan pada kaca ini yang terdiri dari film Poly Vinyl Buthryal (PVB) dengan ketebalan 0,76 milimeter serta diapit oleh dua buah kaca masing-masing setebal 2 milimeter.

Tujuannya sederhana karena lapisan PVB berfungsi untuk mengikat dua kaca tersebut sehingga memberi ketahanan lebih dari benturan. Kaca inilah yang biasanya digunakan pada bagian depan mobil.

Lalu, jenis kaca mobil mana yang menjadi pilihan kamu? Jika kamu ingin mengganti bagian kaca mobil, sebaiknya dikonsultasikan atau dilakukan dengan teknisi-teknisi terpercaya yang bisa kamu lakukan melalui aplikasi Carsworld.

Aplikasi Carsworld menghubungkan kamu dengan ratusan rekanan bengkel terpercaya yang memudahkan segala urusan mobil kamu. Jadi cepat tanpa ribet, unduh aplikasi Carsworld saja.

Artikel Rekomendasi
Dua Varian All New Audi A6 Resmi dirilis di Indonesia
Dua Varian All New Audi A6 Resmi dirilis di Indonesia

Pabrikan asal Jeman menghadirkan mobil terbaru All New Audi A6 di Indonesia. Berapa harga dan seperti apa spesifikasinya?

Nissan Kenalkan Prototipe Z Proto, Bergaya Klasik dan Kekinian
Nissan Kenalkan Prototipe Z Proto, Bergaya Klasik dan Kekinian

Konsep mobil Nissan Z Proto dikenalkan dengan menggunakan mesin turbo V6 dan bodi plus desain klasik

Kia Carnival Generasi Keempat Terbaru Siap Dipasarkan
Kia Carnival Generasi Keempat Terbaru Siap Dipasarkan

Segera hadir di kuartal ketiga 2020, apakah KIA Carnival terbaru akan segera hadir pula di Indonesia?

Baca juga