fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Konsultasikan 5 Hal Ini Sebelum Servis AC Mobil di Bengkel
Article 01

Tak ada yang salah ketika pilihan jatuh untuk melakukan servis AC mobil di bengkel terdekat. Namun, pilihan ini juga harus diikuti dengan beberapa langkah.

Salah satunya adalah dengan cara berkonsultasi dengan pemilik bengkel atau teknisi yang akan melakukan perawatan pada AC mobil. Sebelum memulai servis ac mobil kamu, sebaiknya tanyakan beberapa hal berikut ini untuk mengenali kualitas sebuah bengkel. Apa saja ya?

Baca juga: Cara Memeriksa Kompresor AC Mobil Jika Diduga Rusak

Baca juga: Selain Servis Ini Tips Merawat AC Mobil Agar Kembali Dingin

1. Faktor oli kompresor

konsultasikan-5-hal-ini-sebelum-servis-ac-mobil-di-bengkel

AC mobil secara teknis membutuhkan oli kompresor agar fungsinya berjalan dengan baik. Fungsi dari oli ini sendiri adalah untuk melumasi kompresor ac mobil agar tidak cepat rusak.

Selain itu, oli juga berfungsi agar suara yang dikeluarkan oleh kompresor AC tidak mengeluarkan suara yang berisik. Oleh karena itu, sebelum melakukan perawatan mobil berkonsultasi dengan mekanik tentang oli apa yang akan digunakan.

Dari sekian banyak pilihan oli, biasanya sudah disesuaikan untuk kenis mobil. Jadi, gunakan oli kompresor AC yang sesuai dengan jenis mobil .

2. Kulitas dan volume oli

konsultasikan-5-hal-ini-sebelum-servis-ac-mobil-di-bengkel

Selain jenis oli, kualitas oli kompresor juga sangat penting untuk diketahui. Oli kompresor AC yang sudah terlalu lama akan memunculkan korosi pada bagian komponen-komponen AC itu sendiri.

Dari sini, kamu bisa bertanya, kualitas oli apa yang sebaiknya digunakan agar hal-hal diatas tidak terjadi pada AC mobil kamu. Selain itu, ceritakan juga riwayat perjalanan yang sudah dilalui. Sudah sejauh berapa kilometer kamu melaju dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli kompresor AC mobil.

Hal lain yang perlu dikonsultasikan di bengkel AC mobil terdekat yang akan kamu kunjungi adalah tentang volume oli yang digunakan. Hal ini penting mengingat, setiap jenis mobil memiliki volume oli kompresor yang sudah ditentukan.

Jika jawabannya bertele-tele, mungkin sebaiknya kamu mulai mencari bengkel terdekat dengan kualitas yang lebih baik.

3. Freon AC

konsultasikan-5-hal-ini-sebelum-servis-ac-mobil-di-bengkel

Jika memang sudah waktunya freon mobil untuk diganti, pastikan untuk mengenali apakah freon tersebut memang sesuai dengan mobil kamu.

Beberapa mobil yang produksinya di bawah tahun 2000 biasanya akan menggunakan freon yang berbeda dengan mobil-mobil modern seperti sekarang ini. Jangan lupa konsultasi terlebih dahulu dengan mekanik atau teknisi yang akan melakukan pergantian freon AC mobil.

4. Pergantian part

konsultasikan-5-hal-ini-sebelum-servis-ac-mobil-di-bengkel

Selain, beberapa bagian part AC mobil pun juga wajib dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum diganti. Beberapa komponen seperti evaporator dan lain-lainnya sangat penting diketahui orisinilitasnya.

Cara ini untuk memastikan part tersebut memang sesuai dengan jenis mobil kamu dan untuk menghindari masalah besar yang terjadi di kemudian hari.

5. Seluk-beluk servis

konsultasikan-5-hal-ini-sebelum-servis-ac-mobil-di-bengkel

Selain konsultasi dan bertanya tentang pergantian part, pastikan juga kamu mengetahui seluk-beluk servis yang ditawarkan bengkel tersebut. Mulai dari garansi, operasional, peralatan hingga transparansi harga dari servis yang akan dilakukan.

Baca juga: Bikin Panas, Ini Penyebab dan Periksa Kondisi AC Mobil Saat Macet

Baca juga: Mengenali Penyebab Kerusakan Evaporator Pada AC Mobil

Carsworld menyediakan layananbooking servis bengkel ac mobil terdekat secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga