fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Ketahui Komponen yang Jadi Penyebab Temperatur Mobil Cepat Panas
Article 01

Tak cuma tubuh manusia, kondisi dimana temperatur mobil cepat panas pun ternyata bisa menjadi sangat berbahaya. Rata-rata asumsi yang akan muncul adalah pada masalah radiator mobil.

Namun, suhu mobil yang kemudian panas secara mendadak bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Apa saja ya penyebab temperatur mobil tiba-tiba panas?

1. Radiator

ketahui-komponen-yang-jadi-penyebab-temperatur-mobil-cepat-panas

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, radiator mobil adalah penyebab utamanya. Namun, ada berbagai macam penyebab radiator lainnya yang tak kalah penting untuk di cek.

Baca juga: 6 Keuntungan Menggunakan Layanan Bengkel Mobil Secara Online

Baca juga: Sering Terlewatkan, Kenali 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor

a. Cairan pada radiator

Menggunakan air dengan kandungan logam yang tinggi untuk radiator dapat menimbulkan masalah pada komponen mobil yang satu ini. Air dengan kandungan logam tinggi dapat menempatkan kotoran hingga kerak pada bagian radiator.

Alhasil, cairan ini tidak bekerja dengan baik untuk radiator. Sebaiknya, disarankan penggunaan caira khusus atau yang mungkin dikenal dengan coolant sebagai cairan radiator.

Selain itu, hal penting yang juga wajib dilakukan adalah dengan membersihkan radiator sebelum mengisinya dengan cairan.

b. Sirkulasi cairan radiator

Bagian radiator berikutnya yang perlu di cek ketika temperatur mobil cepat panas adalah bagian sirkulasinya. Jika terhambat, maka kinerja radiator pun tak maksimal.

Nah, di sinilah pentingnya perawatan servis berkala. Terutama untuk mobil yang sudah menemuh jarak hingga 20.000 km. Beberapa bengkel biasanya akan melakukan pengecekan ke bagian radiator dan melihat, apakah bagian sirkulasi dari radiator sudah berjalan dengan baik.

c. Fisik Radiator

Menjaga kebersihkan dan bagaimana cairan radiator adalah hal yang sangat penting, namun jangan lupakan pula kondisi fisik dari radiator itu sendiri. Selalu cek untuk melihat apakah radiator tersebut tidak bocok.

Selain itu, perhatikan juga bagian-bagian dari selang radiator. Jika sudah terlalu lama atau menggembung dan memuai, maka sebaiknya dilakukan perbaikan atau pergantian pada bagian komponen yang satu ini.

d. Kipas radiator

Bagian lain yang wajib untuk diperiksa adalah kipas radiator. Jika kipas radiator tidak bekerja dengan baik, maka suhu pada mesin akan meningkat. Jika terus dibiarkan akan membuat suhu mesin berada dalam kondisi yang sangat panas.

Fungsi kipas yang bertugas mendinginkan bagian radiator tidak dapat bekerja dan hasilnya akan merembet ke bagian mesin. Penting untuk merawat dan membersihkan kipas radiator agar temperatur mobil tidak cepat panas.

2. Faktor Thermostat

ketahui-komponen-yang-jadi-penyebab-temperatur-mobil-cepat-panas

Faktor lain yang membuat temperatur mobil cepat panas adalah dengan mengecek bagian Thermostat. Salah satu fungsi mobil yang bertugas menjadi alat ukur suhu mobil dan terhubung dengan sistem radiator.

Jika suhu mesin sedang rendah, maka thermostat berfungsi untuk mengatur cairan berada di dalam radiator. Sebaliknya, ketika suhu mesin panas, alat ini berfungsi untuk bekerja agar cairan ke dalam mesin.

Nah, jika fungsi Thermostat tidak berjalan semestinya, maka suhu mesin akan kacau dan bahkan tidak dapat mendeteksi panas. Akibatnya, jika suhu menjadi tidak terkontrol dan akan berbahaya bagi mobil kamu.

3. Kesempurnaan oli

ketahui-komponen-yang-jadi-penyebab-temperatur-mobil-cepat-panas

Oli setali tiga uang dengan kondisi radiator. Jika menggunakan oli yang aba-abal, jelas akan cepat panas dan menguap. Begitu pula ketika oli abal-abal digunakan untuk melumasi mesin. Hasilnya akan membuat mobil menjadi panas.

Oleh karena itu jangan pernah menggunakan oli yang abal-abal. Kualitas oli seperti ini tidak akan setara ketika kamu harus menanggung kerugian besar dikala mobil menjadi panas dan berujung pada kerusakan-kerusakan komponen yang lain.

4. Gangguan pada kompresor

ketahui-komponen-yang-jadi-penyebab-temperatur-mobil-cepat-panas

Letaknya berada diekat dengan ruang mesin. Namun, punya fungsi penting untuk menggerakkan sistem AC pada mobil. Secara langsung, kompresor punya andil untuk memengaruhi mesin.

Nah, yang jadi permasalahan adalah ketika kompresor bermasalah. Maka mesin pun pastinya akan ikut terbawa arus permasalahan tersebut. Apalagi, jika kompresor diganti dengan yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil.

Beban panas yang ada di mesin pun akan semakin meningkat. Bahkan, ikut memperburuk kinerja AC mobil. Jika tak dijaga dan diperhatikan, bisa-bisa pemilik mobil akan mengalami kerugian sebanyak dua kali.

Pertama, mesin akan panas dan paling buruk menyebabkan overheat, dan yang kedua AC mobil akan ikut terseret kerusakan.

5. Kualitas Extra Fan

ketahui-komponen-yang-jadi-penyebab-temperatur-mobil-cepat-panas

Dalam sebuah sistem kerja mobil, pertukaran suhu udar baik yang masuk atau keluar adalah hal yang wajar. Salah satu komponen yang mengaturnya adalah karena kehadiran Extra fan.

Fungsi alat yang satu ini adalah menjaga suhu mesin yang panas. Namun, jika alat ini tidak bisa bekerja dengan baik, maka angin yang dikirim dari Extra Fan justru akan membuat suhu mesin menjadi panas.

Hal inilah yang kemudian memicu dan menjadi penyebab temperatur mobil cepat panas tanpa terkendali dengan baik. Jika sudah seperti ini, sebaiknya mulailah untuk mengganti bagian Extra Fan ini pada mobil.

Baca juga: 5 Gangguan yang Menyebabkan Mesin Mobil Mogok Mendadak

Baca juga: 6 Urutan dan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil Matik

Baca juga: 4 Cara Tepat Membersihkan Mesin Mobil yang Berkerak Karena Oli

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga