fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Kenali Penyebab Suara Mesin Kasar Pada Mobil yang Bikin Berisik
Article 01

Dari normal, kemudian munculah suara-suara yang membuat pemilik mobil menjadi tidak nyaman. Hal ini kerap terjadi dan suara mesin mobil yang berisik membuat pemilik bertanya-tanya, apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Apalagi, suara yang dikeluarkan pun bervariasi. Jika pemilik mobil tidak melakukan pengecekan, maka bisa berakibat pada kesalahan-kesalahan komponen mobil lainnya.

Lalu, seperti apa suara-suara mesin mobil yang berisik tersebut? Apa saja penyebabnya?

Baca juga: 5 Gangguan yang Menyebabkan Mesin Mobil Mogok Mendadak

Baca juga: 5 Tips Agar Mesin Mobil Tetap Prima dan Irit Bensin

1. Dentingan saat menginjak gas

kenali-penyebab-suara-mesin-kasar-pada-mobil-yang-bikin-berisik

Apakah kamu pemilik mobil yang energi mesinnya di salurkan melalui roda belakang? Pernah kamu mendengar suara dentingan saat menginjak gas? Lalu, kemudian mobil tidak bisa meredam getaran?

Jika hal tadi pernah kamu alami, maka pengecekan bisa dilakukan pada baian kopel mobil. Hal ini terjadi karena komponen bernama cross joint sudah mulai berkurang fungsinya. Suara berdenting akan ditemukan ketika Anda menginjak gas terutama bagi Anda yang memiliki mobil dengan jenis penggerak roda belakang atau RWD.

Bunyi berdenting tersebut menjadi tanda ada masalah pada bagian kopel dimana disebabkan oleh cross joint yang sudah melemah fungsinya atau bahkan sudah mengalami kerusakan.

Jika kamu mengalami kejadian seperti ini dan mendengar suara yang kasar berupa dentingan saat menginjak pedal, gas segera berkonsultasi dengan mekanik atau montir terpercaya di bengkel-bengkel terbaik.

2. Berdecit dan berdengung

kenali-penyebab-suara-mesin-kasar-pada-mobil-yang-bikin-berisik

Suara yang paling umum didengar. Bahkan, mungkin hampir semua pemilik mobil pernah mengalami kejadian ini. Namun, suara yang umum didengar ini bukanlah perkara sepele.

Jika suara ini terdengar ketika kamu sedang berkendara, mungkin mobil kamu punya masalah di bagian van belt. Komponen mobil yang satu ini bisa saja terlalu kencang atau malah agak renggang pemasangannya/

Masalah yang satu ini tidak boleh dianggap sepele. Hal yang paling penting, periksakan mobil segera ke bengkel agar mendapatkan perawatan yang maksimal.

Baru saja menyalakan mesin, namun terdengar suara berdengung yang membuat telinga menjadi tidak nyaman. Lagi-lagi, ini bisa terjadi karena permasalahan van belt yang terlalu kencang. Jika terus terjadi maka, van belt bisa putus.

Efek panjangnya, water pump dan dinamo ampere tidak bisa bekerja dengan baik. Jika terus dibiarkan, maka gangguan mesin pun akan terus terjadi dan mobil menjadi mogok.

Jika sudah begini, pasti terbayang ribetnya melakukan perawatan. Jadi, jangan biarkan van belt kamu didiamkan saja ketika sudah bermasalah.

3. Suara kasar saat menyalakan AC

kenali-penyebab-suara-mesin-kasar-pada-mobil-yang-bikin-berisik

Pernah kah kamu mengalami mendengarkan suara mesin yang tiba-tiba kasar karena hanya akan menghidupkan AC? Suara mesin yang kasar sering dan terjadi ketika menyalakan AC mobil bisa jadi karena kebocoran oli kompresornya.

Jika terus dibiarkan tanpa diperbaiki, kenyamanan dalam berkendara pun bisa menjadi taruhannya.

4. Suara dari bagian kaki-kaki

kenali-penyebab-suara-mesin-kasar-pada-mobil-yang-bikin-berisik


Tak ada yang salah dengan tancap gas di jalanan. Namun, ketika mobil sedang melaju dengan kencang, dan terdengar suara yang menganggu dari bagian kaki-kaki mobil, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

Suara berisik ini bisa terjadi karena bagian permukaan ban yang sudah tidak lagi berada dalam kondisi baik. Selain kondisi ban, kamu juga wajib mengonsultasikan bagian-bagian lain dari kaki-kaki mobil untuk mengecek apakah suara di bagian kaki-kaki ini tidak berdampak buruk pada komponen mobil lainnya.

5. Suara bunyi logam

kenali-penyebab-suara-mesin-kasar-pada-mobil-yang-bikin-berisik

Suara mesin mobil berisik lain yang harus diteliti adalah terdengarnya benturan yang mengisyaratkan bunyi logam dari mobil. Biasanya ini terjadi ketika pemilik mobil sedang memacu kendaraan dan kemudian harus melewati jalanan yang belubang.

Nah, saat momen tersebutlah mobil kemudian mengeluarkan suara benturan. Oleh karena itu, penting sekiranya untuk melakukan pemeriksaan, jika ini terjadi pada mobil kamu. Beberapa bagian yang harus diperiksa ketika mengalami kejadian seperti ini adalah bagian tie-rod atau end-rod.

Jangan tunda, segera periksakan mobil kamu jika mengalami kejadian seperti ini.

Baca juga: Gejala dan Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar Saat dinyalakan Pagi Hari

Baca juga: 8 Pertanda dan Pengingat Mobil Kamu Harus Ganti Oli Mesin

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga