fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Kenali Penyebab Klakson Mobil Mati Secara Tiba-tiba
Article 01

Fungsinya memang vital. Hal yang paling selalu diingat dari klakson mobil yaitu sebagai bunyian suara pemberi isyarat penting bagi kendaraan, Namun, tak jarang pula beberapa pemilik mobil kemudian lupa melakukan perawatan pada benda yang satu ini. Alhasil, klakson mobil tiba-tiba melemah dan bahkan mati tak mengeluarkan suara. Lalu, apa penyebab klakson mobil mati secara tiba-tiba?

Baca juga: 4 Adaptasi Kebiasaan Baru Perawatan Mobil yang Wajib dan Rutin Dilakukan

1. Gangguan pada kabel


Penyebab paling umum dan cukup sering terjadi pada klakson mobil yang mati secara tiba-tiba adalah gangguan pada kabel yang menghubungkan bagian-bagian klakson. Mulai dari kabel yang sudah berjamur atau berkarat stau bahkan putus adalah beberapa gangguan umum klakson mobil.

Salah satu cara untuk mendeteksi hal ini sebagai penyebabnya kamu bisa menggunakan tes terminal pada klakson mobil. Hubungkan test lamp dengan massa body dan tekan saklar klakson. Jika test lamp tidak menyala maka memang ada gangguan pada kabel klakson mobil kamu.

2. Usia sekring klakson


Faktor kedua yang jadi penyebab klakson mobil bermasalah adalah karena sekring. Jika sekring putus, maka tak bisa dihindari lagi, klakson mobil pun tak akan mengeluarkan suara meskipun dipencet berulang kali.

Hal ini terjadi karena dorongan listrik yang terlalu besar dan juga faktor usia dari sekring tersebut. Oleh karena itu, segera lakukan perawatan di bengkel, atau bisa mengganti sekring klakson mobil dengan yang baru di bengkel mobil.

3. Saklar klakson mobil bermasalah

Saklar penghubung klakson juga bisa jadi penyebab kenapa bagian mobil yang satu ini tiba-tiba macet atau mati. Perbaikannya cukup rumit, karena harus membongkar bagian dalaman klakson.

Namun, hal yang penting untuk kamu ketahui adalah saklar ini merupakan elemen penting untuk mengalirkan listrik ke bagian klakson. Jika ada bagian tembaga atau kotoran yang menumpuk, maka klakson akan macet dan jika dibiarkan begitu saja akan terjadi masalah yang besar pada klakson mobil.

4. Relay klakson mobil bermasalah

Relay klakson pun turut menjadi perhatian. Hal ini terjadi karena masa waktunya yang sudah terlalu lama. Penyebab klakson mobil mati adalah karena terlalu menumpuknya kotoran. Oleh karena itu, perbaiki bagian ini di bengkel mobil terdekat untuk memastikan apakah klakson mobil segera bisa berfungsi kembali.

Cara mengatasi klakson mobil mati


Dari sekian banyak penyebab klakson mobil mati, terdapat cara paling sederhana untuk melakukan perbaikannya. Cara ini bahkan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Hal termudah itu adalah bagian mencaut sekring klakson mobil. Posisinya biasa berada di dekat mesin dan berbentuk kotak. Selanjutnya, kamu bisa melakukan pengetesan apakah klakson mobil masih bisa bekerja atau tidak.

Jika memang dibutuhkan pergantian part yang baru, jangan ragu untuk segera membawanya ke bengkel mobil terdekat.

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

Baca juga: Selain Servis Berkala, Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Matik

Artikel Rekomendasi

Baca juga