fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Kenali 4 Penyebab yang Membuat Tarikan Mesin Mobil Tersendat
Article 01

Permasalahan pada mobil memang tidak pernah ada habisnya. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah masalah tarikan mesin mobil tersendat. Hal ini tentunya menganggu kenyamanan pemilik mobil, apalagi ketika berkendara jarak jauh. Lalu, apa sebenarnya penyebab tarikan mesin mobil tersendat?

Beberapa pemicunya bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kerap terjadi pada mobil yang bisa dibilang "berumur". Terlepas dari semua itu, masih ada hal lain yang jadi penyebab mesin mobil terasa tersendat-sendat. Apa saja ya?

Baca juga: 4 Gejala Ini Jadi Penyebab Mesin Mobil Susah Hidup

Baca juga: 5 Gangguan yang Menyebabkan Mesin Mobil Mogok Mendadak

1. Kekosongan bahan bakar

kenali-4-penyebab-yang-membuat-tarikan-mesin-mobil-tersendat

Tak jarang, beberapa pemilik mobil terkesan ogan-ogahan mengisi bahan bakar, ketika garis penanda bahan bakar sudah turun atau hampir habis.

Jika ini dibiarkan, maka bahan bakar mobil yang nyaris kosong bisa jadi pemicu kenapa mobil menjadi tersendat.

Solusinya, cuma satu, mengisi bahan bakar yang tepat dan sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan adalah solusi jitunya. Selain itu, jangan pernah lalai ketika indikator bahan bakar sudah habis, karena hal ini akan benar-benar menganggu kenyamanan berkendara.

2. Filter bahan bakar

kenali-4-penyebab-yang-membuat-tarikan-mesin-mobil-tersendat

Bagaimana jadinya jika, bahan bakar sudah diisi, namun tetap saja mobil masih tersendat-sendat? Hal yang wajib kamu periksa adalah kondisi dari filter bahan bakar.

Biasanya ini terjadi ketika bahan bakar yang digunakan tidak tepat, sehingga membuat kotoran dengan mudah menumpuk di filter ini. Hal diperparah lagi dengan membuat akselerasi mobil menjadi berkurang.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah membersihkan filter ini terlebih dahulu. Jika terasa sulit, segera ke bengkel mobil terdekat untuk membersihkan filter bahan bakar. Sembari membersihkan filter, pastikan juga untuk menguras tangki bahan bakar dan pastikan tidak ada yang tersumbat.

Namun, jika para teknisi atau montir menyarankan untuk mengganti filter bahan bakar, lakukan sesegera mungkin, mengingat komponen mobil yang satu ini sangat berperan besar bagi kinerja mesin untuk memacu tenaganya.

Kunci lainnya, melakukan servis berkala untuk memastikan komponen bahan bakar selalu dalam bersih adalah jawabannya.

3. Mesin overheat

kenali-4-penyebab-yang-membuat-tarikan-mesin-mobil-tersendat

Penyebab tarikan mesin mobil tersendat lainnya karena mesin overheat atau terlalu panas. Hal ini bisa dipastikan mengingat mesin mobil akan terasa "ngelitik" ketika digunakan dan jalannya yang tersendat.

Pemicunya, sagant mungkin karena radiator mobil yang tidak terasat. Namun, agar benar-benar mengenali penyebabnya secara detil, pastikan memeriksa indikator suhu pada bagian dashboard mobil.

Hal paling penting, jangan sampai mesin mobil menjadi overheat dan kemudian digunakan untuk berkendara jarak jauh. Selain tarikan mesin mobil tidak terasa nyaman, kamu bisa mendapatkan hal yang lebih buruk, yaitu mogok di jalan.

4. Pengapian mobil yang bermasalah

kenali-4-penyebab-yang-membuat-tarikan-mesin-mobil-tersendat

Hal lain yang tidak bekerja dan menjadi penyebab tarikan mesin mobil tersendat adalah pada komponen seperti koil, busi, serta kabel busi. Komponen-komponen ini berfungsi untuk mendukung pengapian agar mobil bisa bekerja dengan baik.

Jika bagian komponen ini sedang dalam baik, maka bisa dipastikan mesin pun tak bekerja dengan maksimal. Salah satu cara untuk mendeteksinya adalah dengan menyalakan mesin di tempat yang gelap. Jika piranti pengapian memunculkan percikan, maka ada hal-hal yang terkait dengan pengapian yang bermasalah.

Jika ini terjadi, segera lakukan perawatan di bengkel mobil terdekat. Rata-rata bengkel akan menawarkan solusi Tune up untuk memperbaiki kondisi seperti ini.

Baca juga: 4 Pemicu Mesin Mobil Kurang Bertenaga dan Penyebabnya

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga