fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Kenali 4 Penyebab yang Membuat Mobil Bisa Terbakar
Article 01

Mobil terbakar di jalanan mungkin cukup jarang terjadi. Namun, tak pelak mobil yang terbakar secara tiba-tiba membuat siapa pun menjadi waspada. Agar ini tidak terjadi di mobil kamu, ada baiknya untuk mengenali empat penyebab mobil bisa terbakar secara tiba-tiba.

1. Mesin overheat

kenali-4-penyebab-yang-membuat-mobil-bisa-terbakar
Sumber: Valleyhonda dealers


Penyebab pertama adalah bisa jadi mesin mobil yang terlalu bekerja terlalu keras bisa menyebabkan suhunya menjadi panas atau overheat. Penyebabnya adalah kerusakan pada bagian pendinginan atau radiator.

Rusaknya komponen radiator dapat menyebabkan mesin tidak beroperasi secara efisien. Gesekan pada komponen mesin menimbulkan kenaikan suhu yang signifikan dan akhirnya memicu kebakaran pada mobil.

2. Kebocoran bahan bakar minyak

kenali-4-penyebab-yang-membuat-mobil-bisa-terbakar


Bahan bakar minyak adalah salah satu cairan di mobil yang mudah untuk terbakar. Jika bocor, bukan tidak mungkin jadi salah satu penyebab mobil akan terbakar. Selain itu hawa panas yang berlebihan bisa memicu bahan bakar minyak di dalam tangkin bisa terbakar dengan sendirinya.

3. Kerusakan listrik

Arus pendek pada mobil bisa jadi salah satu peneybab mobil terbakar. Awal mulainya dikarenakan gas hidrogen dari aki mobil yang terdapat di ruang mesin.

Hal ini bisa memicu terjadinya kebakaran mengingat kabel korslet dan menimbulkan percikan api bisa mengenai gas hidrogen dari aki yang sudah rusak tadi.

Percikan api yang mengenai gas hidrogen dapat menyulut kebakaran pada mobil. Api kemudian mengenai bagian bensin atau bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya.

Karena itu, sebagai pemilik mobil, ada baiknya kamu rajin memeriksa kondisi aki dan listrik

4. Modifikasi yang salah

Modifikasi mobil adalah beberapa cara agar mobil terlihat menarik dan sesuai dengan yang diinginkan oleh pemiliknya. Namun, jika tidak hati-hati dan cermat, modifikasi mobil justru bisa menyebabkan mobil terbakar.

Salah satu modifikasi pada fog lamp atau lampu kabut dengan alasan kurang terang adalah contohnya. Sering kali pemilik mobil tidak mengetahui bahwa watt pada fog lamp yang terlalu besar berpotensi memicu terjadi kebakaran.

Jadi, berhati-hati dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan modifikator sebelum kamu memodifikasi mobil ya.

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Melakukan Perawatan Ruang Mesin Mobil

Baca Juga: Tips Merawat Suspensi Mobil ? Kenali Dulu Gejala Kerusakannya

Artikel Rekomendasi

Baca juga