fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Kaki-kaki Mobil Berisik? Cek Bagian Komponen Mobil Ini Terlebih Dahulu
Article 01

Kaki kaki mobil yang berisik memang menganggu kenyamanan berkendara. Suaranya yang kerap terdengar seperti berderit membuat pemilik mobil biasanya akan ikut deg-degan dan penasaran apa yang sebenarnya terjadi pada mobil yang dimiliki.

Mau dibongkar, namun khawatir akan menemui kesulitan-kesulitan sendiri. Datang ke bengkel pun pasti membutuhkan hal-hal lain yang bisa bikin ribet.

Meskipun solusi yang bisa dilakukan adalah dengan datang ke bengkel mobil, namun sebagai pemilik mobil kamu wajib tahu, apa saja yang menyebabkan munculnya suara berisik dari kaki-kaki mobil.

Berikut beberapa komponen yang mesti diperiksa ketika kaki kaki mobil mulai mengeluarkan suara berisik.

Baca juga: Cek 5 Bagian Komponen Kaki-kaki Mobil yang Rawan Rusak

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaki-kaki Mobil yang Bisa Menghemat Biaya Servis

1. As roda yang kering

kaki-kaki-mobil-berisik-cek-bagian-komponen-mobil-ini-terlebih-dahulu

Cara paling mudah untuk mendeteksi suara yang muncul dari kaki-kaki mobil adalah memeriksa bagian As roda mobil. Untuk melakukan hal ini dibutuhkan alat dongkrak. Setelah berhasil didongkrak, kemudian putar roda mobil searah jarum jam.

Jika kamu mendengar suara berderit, sangat mungkin As roda sudah kering. Jangan lupa untuk memeriksa ball joint yang bisa jadi penyebab kenapa kaki-kaki mobil menjadi berisik.

Hal ini penting untuk dilakukan mengingat As todak mobil sangat terhubung ball joint karena berfungsi mengatur ritme roda ketika mobil sedang berbelok atau berakselerasi.

2. Cek link stabilizer

kaki-kaki-mobil-berisik-cek-bagian-komponen-mobil-ini-terlebih-dahulu

Satu bagian komponen kaki-kaki mobil yang memang jarang terdengar, namun punya fungsi yang sangat vital bagi mobil. Namanya adalah link stabilizer yang bertugas untuk terhubung dengan lengan ayung bagian mobil.

Gejala kaki-kaki mobil berisik juga bisa ditemukan pada komponen yang satu ini, terutama ketika mobil berkali-kali menghantam jalanan berlubang dengan kecepatan yang tinggi.

3. Cek kinerja bushing

kaki-kaki-mobil-berisik-cek-bagian-komponen-mobil-ini-terlebih-dahulu

Komponen mobil yang satu bertugas untuk mendalikan roda ketika pengemudi berada di balik setir. Bunyi yang berisik dan getaran pada kemudi adalah pertana jika bushing mobil mengalami gangguan.

Ditambah lagi, jika pengemudi berusaha membelokkan mobil, namun setir justru tidak ikut untuk berputar. Maka, hal ini bisa menjadi pertanda jika bushing mobil mengalami ngagguan.

Sangat berbahaya jika tidak dilakukan perbaikan untuk komponen yang satu ini. Segera ke bengkel terdekat untuk melakukan servis pada bagian kaki-kaki mobil yang satu ini.

4. Fungsi suspensi menurun

kaki-kaki-mobil-berisik-cek-bagian-komponen-mobil-ini-terlebih-dahulu

Bertugas sebagai peredam getaran ketika melewati jalanan yang tidak mulus. Namun, jika terus dipaksa dan tidak dikemudikan dengan hati-hati, suspensi bisa salah satu penyebab komponen mobil yang menyebabkan kaki-kaki mobil mengeluarkan suara aneh atau rusak.

Jika fungsi suspensi menurun, maka sebaiknya segera lakukan perawatan di bengkel. Jika tidak, fungsi suspensi yang terus menurun dan tidak dirawat akan mengancam keselamatan kamu dalam berkendara.

5. Pengaruh Tie rod

kaki-kaki-mobil-berisik-cek-bagian-komponen-mobil-ini-terlebih-dahulu

Satu komponen kaki kaki mobil yang menyebabkan suara berisik berikutnya adalah Tie rod. Gejala kerusakan akan terasa ketika setir mobil lebih ringan dari biasanya, bahkan bisa menyebabkan setir mobil tak terkendali meskipun pengemudi sudah berusaha mengendalikannya.

Kerusakan seperti ini akan berbahaya dan membuat mobil sulit untuk dikendalikan dengan sempurna, terutama ketika mobil dalam kecepatan tinggi.

Cek bagian ini, dan lakukan konsultasi dengan mekanik atau montir terpercaya untuk mendapatkan servis yang lengkap tentang kerusakan Tie road di bengkel.

Baca juga: Nyetir Tidak Nyaman? Kenali Gejala Kerusakan Pada Tie Rod Mobil

Baca juga: 5 Komponen Penting Mobil Ini Wajib dicek Menjelang Musim Hujan

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga