fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Jika dibiarkan 5 Kerusakan Pada Ban Mobil Ini Bisa Berakibat Fatal
Article 01

Ban mampu mengalirkan energi dari mobil menuju mesin dan kemudian digerakkan. Seperti itulah gambaran umum tentang komponen mobil yang satu ini. Namun selain itu, ban juga berfungsi untuk menjaga kestabilan mobil hingga meredam getaran ketika melewati lintasan yang tidak stabil.

Tak jarang pula, ban mobil kemudian punya gangguan-gangguan kecil yang ketika dibiarkan tidak berfungsi lagi dengan baik. Lalu, apa saja kerusakan pada ban mobil?

Supaya tidak memberikan kerugian yang berakibat fatal, sebaiknya kenali pertanda bahwa ban mobil sudah mulai mengalami penurunan performa hingga rusak.

Baca juga: Ban Mobil Benjol? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Lubang angin dan pentil ban

jika-dibiarkan-5-kerusakan-pada-ban-mobil-ini-bisa-berakibat-fatal

Lubang angin ban mobil jelas berpengaruh jika ban mobil pada akhirnya rusal Penyebabnya rata-rata adalah celah di bagian pentil ban. Nah, kerusakan pada bagian pentil ini rata-rata karena karat hingga usia karet ban mobil itu sendiri.

Selain itu, karet pada bagian ini terlalu rapat. Jika sudah terlalu lama dan tidak di cek biasanya akan membuat angin pada ban menjadi keluar. Alhasil, kondisi ban kini tak lagi sempurna untuk digunakan.

2. Pentil tidak ditutup

jika-dibiarkan-5-kerusakan-pada-ban-mobil-ini-bisa-berakibat-fatal


Hal yang menjadi penyebab kerusakan pada ban mobil adalah jika pentil tidak ditutup. Jika dibiarkan saja, bukan tidak mungkin tekanan angin di dalam ban akan berkurang.

Hal ini biasanya kerap terlewatkan mengingat ketika digunakan dan dilalui di jalanan, benturan-benturan apa saja yang kemudian menghantam ban mobil.

Oleh karena itu setiap sebelum mengendarai mobil atau mengistirahtkan mobil di rumah, selalu cek kondisi ban mobil, apakah masih terdapat di posisinya. Jika tidak segera lakukan perbaikan, untuk menutup lubang pentil ban mobil.

3. Ganti velg mobil

jika-dibiarkan-5-kerusakan-pada-ban-mobil-ini-bisa-berakibat-fatal


Tak jarang, pemilik mobil kerap mengganti atau memodifikasi mobilnya agar terlihat lebih tangguh. Namun, sayangnya pergantian velg mobil ini terkadang dilakukan tanpa mempertimbangkan kondisi ban mobil.

Apalagi, jika velg sebenarnya tidak sesuai dengan ban mobil.. Alhasil. pelek menyebabkan bagian dinding ban menjadi rusak. Atau bahkan, kondisi velg yang sebenarnya sudah tak lagi prima.

Jika sudah seperti ini, solusi satu-satunya adalah memeriksakan kondisi velg sekaligus memastikan kondisi ban mobil dalam keadaan yang aman.

4. Tambal ban asal-asalan

jika-dibiarkan-5-kerusakan-pada-ban-mobil-ini-bisa-berakibat-fatal

Beberapa waktu yang lalu berita heboh tentang tambal ban memang bikin gempar. Namun, kali ini bukan tentang biaya tambal ban mobil yang harus kamu perhatikan.

Penyebab lain dari kebocoran mobil kerap terjadi adalah ketika tambal ban dilakukan asal-asalan. Apalagi, jika dilakukan bukan oleh mekanik profesional dan terlatih yang mengakibatkan tambalan pada ban menjadi tidak sempurna.

Jika sudah seperti ini, kemungkinan ban untuk bocor kembali akan semakin besar.

5. Cek dinding dan tapak ban


Kondisi ban yang retak mungkin memang bukan sebuah hal yang kerap diperhatikan. Namun, jika dibiarkan akan membuat ban mobil itu sendiri tidak berfungsi dengan baik.

Pertanda kerusakan ban mobil seperti ini terlihat pada bagian karet hingga tapak ban yang terlihat retak. Jika dibiarkan, retak ini akan membuat tekanan angin di dalam ban mobil. Sekali lagi, selalu cek kondisi ban sebelum dan sesudah bepergian detil.

Jika, tidak masalah ban akan membuat lkenyamanan hingga keamanan berkendara akan berkurang.

Baca juga: Fakta Tambal Ban Mobil, Tak Perlu Habiskan Ratusan Ribu Rupiah

Baca juga: Daftar Komponen Mobil yang Wajib Mendapatkan Servis Berkala

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga