fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Jarang dilirik, Ini Pemicu Karet Pintu Mobil Berbunyi dan Mulai Rusak
Article 01

Buka dan tutup adalah bagian dari pintu mobil yang akan selalu dilakukan pemiliknya. Namun, ada beberapa hal yang tidak bisa diabaikan, karena pintu mobil memiliki beberapa karet yang jika tidak dirawat akan mempercepat kerusakan pintu mobil itu sendiri. Salah satunya adalah bunyi karet pintu mobil yang menganggu kenyamanan.

Sebelumnya, Carsworld akan menjelaskan beberapa fungsi dari karet pintu mobil ini. Pertama, karet pintu mobil dapat mencegah masuknya air dari luar menuju kabin.

Kedua, karet-karet ini juga mampu meminimalisir masuknya debu. Terakhir, karet ini mampu meredam getaran pada pintu. Fungsi terakhir ini terkadang kerap tak terjadi pada mobil, karena karet pintu mobil rusak.

Lalu, kapan saat yang tepat untuk mengganti karet pintu pada mobil? Beberapa cara berikut ini akan memberikan petunjuk pada kamu untuk mengenali kapan sebaiknya karet pintu mobil harus diganti.

1. Bentuk karet tak lagi sama

Salah satu hal yang wajib untuk diingat adalah kamu harus mengamati kondisi dan bentuk dari karet pintu mobil itu sendiri. Jika bentuk berganti dan tak lagi sama seperti karet pintu mobil, maka sebaiknya bagian ini harus mendapatkan perawatan.

Hal ini ditandai dengan bentuknya yang tak lagi padat, dan berganti menjadi pipih, tipis atau bahkan gepeng. Jangan pernah untuk mengabaikan hal yang satu ini jika terjadi pada mobil.

Segera lakukan pergantian dengan yang baru di bengkel-bengkel terdekat dan pastikan menggunakan karet yang memang sesuai dengan jenis serta merk mobil.

2. Suara tak lagi empuk

Hal lain yang menjadi pertanda karet pintu mobil mengalami kerusakan adalah terdengarnya suara benturan yang menganggu kenyamanan. Suara ini akan terdengar ketika kamu akan menutup pintu mobil.

Suara yang dihasilkan adalah suara benturan dua besi yang saling beradu. Jika ini terjadi pada mobil kamu dan pintu mengeluarkan suara yang tak lagi empuk, maka segera lakukan pergantian pada karet pintu mobil.

3. Mengeluarkan suara atau bunyi

Selain bunyi karet pintu mobil yang mengeluarkan suara benturan besi, ciri-ciri lain yang menjadi pertanda kerusakan adalah munculnya suara angin.

Hal ini akan terdengar ketika kamu berada dalam kabin mobil dan sedang memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Suara yang akan dikelurkan dari dalam kabin pun akan seperti suara angin yang berdesing.

Segera cek kondisi karet pintu mobil. Jika memang bentuknya sudah tak lagi stabil seperti dahulu, pastikan untuk segera melakukan pergantian.

Terlalu lama dibiarkan akan menimbulkan efek ketidaknyamanan pada ruang kabin. Kekedapan di dalam kabin mobil akan berkurang. Debu dan kotoran pun mudah menyelipnap. Paling berbhaya tentu saja adah air yang seharusnya bisa tertahan oleh karet pintu mobil menganggu kenyamanan berkendara.

Baca juga: 4 Cara Merawat Power Window Mobil yang Mudah dan Bikin Aman

Baca juga: Tidak Berfungsi dan Macet, Kenali 4 Penyebab Kerusakan Power Window

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang tersedia gratis di App Store dan Google Play Store

Artikel Rekomendasi

Baca juga