fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Jangan Lupa Servis Mobil di Bengkel Umum dan Resmi Setelah Liburan dan Perjalanan Jauh
Article 01

Menggunakan mobil pribadi untuk liburan atau mudik dengan mobil pribadi memang salah satu pilihan transportasi yang paling simpel saat ini. Memang benar, melakukan perjalanan pribadi dengan mobil sendiri memang memudahkan. Namun, jangan lupa untuk melakukan servis mobil terdekat di bengkel umum setelah melakukan perjalanan.

Apalagi, mobil pribadi tersebut sudah menempuh perjalanan ratusan kilometer, dan tentunya membutuhkan perawatan yang maksimal. Bukan, ini bukan tentang pergantian komponen, namun mengevaluasi kinerja mobil kembali setelah melakuakn perjalanan jauh.

Lalu, setelah melakukan perjalanan jauh, apa saja pemeriksaan atau perawatan terbaik untuk mobil? Berikut pilihannya.

Baca juga: Selain Servis Berkala, Seperti Ini Cara Perawatan Mobil Matik

Baca juga: 7 Perawatan Komponen Mobil Matik yang Tidak Boleh Diabaikan

1. Mesin Mobil

jangan-lupa-servis-mobil-di-bengkel-umum-dan-resmi-setelah-liburan

Mengencek semua bagian komponen-komponen mesin adalah hal yang wajib dilakukan setelah melakukan perjalanan jauh. Jika tidak ada masalah yang besar, jangan lupa untuk mengecek oli mesin mobil.

Hal sesederhana ini akan membantu agar mesin mobil untuk kembali dan selalu prima ketika digunakan.

2. Kondisi ban

jangan-lupa-servis-mobil-di-bengkel-umum-dan-resmi-setelah-liburan

Perjalanan jauh pastinya akan membuat ban bergerak lebih lama. Empat ban ini pun terkadang bekerja ekstra keras melewati berbagai macam bentuk jalanan selama perjalanan.

Oleh, karena itu, melakukan perawatan ban pun juga penting. Jika kondisinya sudah menurun, maka kamu bisa melakukan rotasi ban sesuai dengan kondisinya.

Jika memang dirasa memerlukan pergantian, lakukan sesegera mungkin. Satu lagi, spooring dan balancing ban juga wajib kamu lakukan setelah melakukan perjalanan jauh.

3. Suspensi

jangan-lupa-servis-mobil-di-bengkel-umum-dan-resmi-setelah-liburan

Masih dari bagian bawah mobil, hal lain yang perlu kamu cek adalah suspensi. Bagian mobil yang satu ini terdiri dari beberapa komponen yang juga wajib diperiksa.

Pemeriksaan suspensi tentunya penting dilakukan mengingat performa mobil pastinya akan berada dalam kondisi yang naik-turun selama melakukan perjalanan. Jadi, jangan lupa untuk memeriksakan bagian mobil yang ini ya.

4. Rem

jangan-lupa-servis-mobil-di-bengkel-umum-dan-resmi-setelah-liburan


Pengunaan mobil dalam kondisi perjalanan jarak jauh pastinya akan menguras kinerja rem mobil. Apalagi, jika berefek pada rem yang aus. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek kondisi rem mobil setelah melakukan perjalanan jauh.

Jika memang diharuskan untuk mengganti bagian kampas rem, maka lakukan sesegera mungkin. Jika dibutuhkan pelumas yang lebih, sebaiknya jangan diabaikan.

5. Sistem listrik mobil

jangan-lupa-servis-mobil-di-bengkel-umum-dan-resmi-setelah-liburan

Satu bagian mobil yang juta tak boleh luput adalah listrik mobil. Mulai dari aki hingga kabel-kabel yang menghubungkan satu bagian mobil dengan bagian lainnya.

Selama perjalanan jauh tentunya akan dibutuhkan listrik yang besar. Mulai dari menikmati hiburan, menyalakan lampu hingga hal-hal lainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek bagian kelistrikan mobil setelah kamu melakukan perjalanan jauh.

Konsultasikan dengan mekanik untuk mengetahui kondisi aki mobil. Apalagi, jika usia aki mobil sudah berada dalam rentang dua hingga tiga tahun.

Jika digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh, pastinya akan membuat tenaga aki akan menjadi berkurang.

6. Cek kondisi AC

jangan-lupa-servis-mobil-di-bengkel-umum-dan-resmi-setelah-liburan

Setelah perjalanan jauh, dan akan melakukan servis mobil di bengkel umum atau resmi, pastikan untuk berkonsultasi tentang kondisi AC mobil.

Apalagi, di sepanjang perjalanan, pastinya bagian mobil yang satu ini akan terus menyala dan kurang memiliki waktu jeda. Fungsi AC yang harus berkesinambungan setiap harinya perlu mendapatkan perawatan maksimal.

Pastikan juga untuk mengecek bagian-bagian dari AC mobil lainnya seperti freon hingga filter AC.

7. Bersihkan mobil

jangan-lupa-servis-mobil-di-bengkel-umum-dan-resmi-setelah-liburan

Terakhir, setelah servis mobil di bengkel umum atau resmi yang akan kamu kunjungi, jangan lupa untuk membersihkan mobil hingga terlihat kinclong lagi.

Debu-debu atau bekas noda yang menempel di mobil selama perjalanan wajib untuk dibersihkan. Selain mennjaga kenyamanan, hal ini juga akan membuat mobil terlihat lebih kinclong.

Pastikan setiap sisi mobil baik interior dan eksterior bersih kembali ya.

Baca juga: Cek Biaya Paket Servis Mobil di Bengkel Secara Online dengan Aplikasi Ini

Baca juga: Servis Mobil Jadi Mudah, Ini Keuntungan Aplikasi Booking Bengkel Online

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga