fbpx Carsworld
Jangan Abai Ini Cara Merawat Transmisi Mobil Manual dan Otomatis
Article 01

Pastinya, kehadiran girboks atau transmisi, pada sebuah mobil sangat penting. Fungisnya adalah untuk meneruskan tenaga dari mesin pada bagian roda pada kecepatan kendaraan. Namun, bagaimana dengan merawat transmisi mobil itu sendiri?

Meskipun begitu, perawatan dari transmisi ini terkadang sering diabaikan. Cara paling sederhana adalah dengan mengikuti rekomendasi dari perawatan pabrik mobil dan kemudian bengkel-bengkel servis mobil yang mengerjakan.

Namun, di masa pandemi ini tentunya tidak semua bengkel bisa beroperasi. Nah, untuk itu, kamu bisa dulu merawat transmisi mobil kamu secara sederhana.

Berikut pilihannya merawat transmisi mobil baik jenis matic atau manual.

Merawat transmisi manual

Di masa sekarang, penggunaan transmisi manual memang terlihat ribet. Harus injak kopling dan memidahkan gigi sendiri. Namun, tetap saja ada masyarakat yang masih menggunakannya.

Lalu, bagaimana cara merawat mobil dengan transmisi maual secaa sederhana? Hal-hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah pergantian oli atau kondisi plat kopling. Selain itu, kebiasaan mengemudi dan bagaimana kamu menggunakan transmisi ketika berkendara.

Merawat transmisi otomatis

Transmisi yang jadi lebih banyak digunakan ketimbang manual. Lebih mudah dan tak perlu menginjak kopling. Namun, merawat transmisi otomatis tak sepraktis manual.

Transmisi otomatis punya modul elektronik sendiri agar bisa optimal dalam menerjemahkan kebutuhan berkendara atau efisiensi BBM. Perawatan paling utama dari transmisi otomatis adalah bagaimana gaya pengemudi yang mengendarainya.

Jika kamu melewati medan semakin berat, geser tuas transmisi ke posisi lebih rendah. Mesin jadi terasa kasar, namun beban transmisi lebih ringan.

Jika transmisi seperti tidak melakukan perpindahan dengan halus, ditambah bersuara, maka kamu bisa cek bagian olinya. Mobil transmisi otomatis memiliki indikator oli transmisi (bukan oli mesin). Tarik dan lihat volume serta kualiasnya.

Pastikan tidak kurang dan tidak kelebihan. Jika kamu masih ragu, kamu masih menggunakan jasa mekanik dari bengkel CARfix yang bisa datang langsung ke rumah kamu.

Caranya mudah, kamu bisa memesan layanan ini di aplikasi Carsworld Untungnya, transmisi adalah salah satu komponen yang dilindungi garansi. Jadi kalau rusak tapi memang masih terlindungi, silakan hubungi bengkel resmi untuk melakukan klaim.

Artikel Rekomendasi

Baca juga