fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Jangan Anggap Enteng, Ini Cara Bersihkan Wiper Mobil Selama di Rumah
Article 01

Setiap komponen mobil memang harus dicek selalu ketika lebih banyak berdiam di rumah saja. Salah satu fungsi komponen mobil yang tidak boleh dianggap enteng perawatannya adalah wiper. Banyak cara membersihkan wiper mobil sendiri yang bisa kamu lakukan.

Apalagi, wiper pada mobil bekerja dengan membersihkan kaca depan mobil saat hujan turun sehingga pengemudi bisa tetap fokus tanpa terhalang air hujan yang begitu derasnya mengguyur mobil terlebih untuk kaca depan mobil.

Lalu, bagaimana jadinya jika tidak sedang musim hujan? Haruskah merawat bagian wiper mobil? Perawatan untuk komponen mobil yang satu ini wajib syaratnya. Berikut empat cara merawat dan membersihkan wiper mobil yang harus kamu lakukan.

Baca Juga: 7 Pertanda yang Bisa Saja Menyebabkan Fuel Pump Mobil Bermasalah

Baca Juga: 6 Tips Memilih Bengkel Servis Mobil di Masa “New Normal”

1. Periksa karet wiper

Hal pertama yang wajib kamu periksa adalah memeriksa karet wiper mobil. Jika karet wiper tidak ada yang retak, maka bisa dipastikan kondisinya berada dalam keadaan baik. Namun, jika sudah lapuk atau terlihat retak, sebaiknya sesegera mungkin untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Bersihkan pinggiran karet

jangan-anggap-enteng,-ini-cara-bersihkan-wiper-mobil-selama-di-rumah

Jika masih baik-baik saja atau sudah menggantinya dengan yang baru, sekarang saatnya untuk membersihkan wiper. Hal penting yang wajib kamu lakukan adalah jangan mengelap pada pinggiran karet karena di pinggiran karet tersebut terdapat bagian komponen lapisan kimia yang menjaga elastisitas wiper.

Selain itu, gunakan stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil dengan begitu kaca mobil tidak akan terganggu.

3. Gunakan cairan pembersih khusus wiper

jangan-anggap-enteng,-ini-cara-bersihkan-wiper-mobil-selama-di-rumah

Cairan pembeersih untuk wiper pun tidak bisa sembarangan. Kamu harus menggunakan cairan khusus yang banyak tersedia di bengkel mobil. Jika sudah memiliki cairan tersebut, tuangkan cairan wiper bersama dengan air dalam sebuah wadah.

Lalu, gunakan cairan tersebut untuk membersihkan wiper mobil.

4. Cek lagi kondisi wiper

jangan-anggap-enteng,-ini-cara-bersihkan-wiper-mobil-selama-di-rumah

Setelah di cek, bersihkan lagi dengan cairan khusus atau WD cleaner untuk menjaga agar wiper tetap bekerja dengan lancar.

Dengan wiper yang sudah aman dan siap digunakan kapanpun Anda bisa tenang saat berkendara walaupun hujan turun dengan derasnya.

Mudah kan, cara membersihkan wiper mobil sendiri di rumah.

Baca juga: Tidak Berfungsi dan Macet, Kenali 4 Penyebab Kerusakan Power Window

Artikel Rekomendasi

Baca juga