fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Ini Tips dan Cara Memilih Aki yang Bagus dan Tepat Untuk Mobil
Article 01

Fungsinya sangat penting untuk hampir seluruh komponen mobil. Namun, tentunya masih banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara memiliki aki mobil yang bagus dan tepat untuk kendaraanya.

Hal ini kerap terjadi pada mobil dengan usia aki yang sudah lama, atau memang sudah waktunya diganti. Selain ke bengkel mobil terdekat untuk melakukan pergantian aki, beberapa hal berikut ini harus dipertimbangkan ketika akan memilih aki yang baru dan punya kualitas bagus untuk mobil.

Baca juga: 4 Pertanda Aki Mobil Bermasalah dan Harus Diganti

Baca juga: Hati-hati Menjaga Aki Mobil, Seperti Ini Cara Merawatnya Supaya Awet

1. Bengkel

ini-tips-dan-cara-memilih-aki-yang-bagus-dan-tepat-untuk-mobil

Ketika memang berencana untuk mencari aki mobil yang bagus dan tepat untuk mobil, pastikan sebelumnya memilih bengkel yang tepat untuk melakukan pergantian komponen mobil yang ini.

Memilih bengkel terdekat dari lokasi kamu saja tidak cukup. Namun, memastikan apah bengkel mobil tersebut memang benar-benar menyediakan aki yang berkualitas adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Cara ini penting agar meminimalisir berbagai risiko yang menyebabkan aki tersebut akan rusak dalam waktu cepat di kemudian hari.

2. Jenis aki

ini-tips-dan-cara-memilih-aki-yang-bagus-dan-tepat-untuk-mobil

Aki kering dan basah adalah dua jenis aki yang selama ini paling umum digunakan untuk mobil. Namun, sebenarnya masih ada beberapa jenis aki lainnya yang juga cukup lazim digunakan untuk berbagai jenis mobil. Mulai dari aku hybrid hingga gel adalah beberapa diantaranya.

Oleh karena itu, pastikan aki apa yang sebenarnya akan digunakan oleh mobil kamu. Atau, pergantian jenis aki apa yang tepat untuk mobil.

3. Pahami kapasitas aki pada mobil

ini-tips-dan-cara-memilih-aki-yang-bagus-dan-tepat-untuk-mobil

Setiap mobil punya kapasitasnya masing-masing. Termasuk kapasitas akinya. Biasanya pabrikan sudah menentukan ini sejak mobilnya dibuat.

Oleh karena itu, cara memilih aki mobil yang bagus untuk mobil kamu bisa dipilih berdasarkan kapasitas aki mobil itu sendiri. Semua data-data aki biasanya akan terpampang di bagian smaping aki.

Jadi, sebelum mengganti ke aki mobil yang baru, pastikan kamu mengenali dan paham betul dengan bagian ini. Hal lain yang mesti dicermati dari jenis-jenis aki yang sesuai untuk mobil misalnya bisa dilihat dari dudukan mobil itu sendiri.

Jika tak pas, namun dipaksakan akan berakibat fatal pada daya dan kemampuan mobil.

4. Jangan pakai aki bekas

Tak jarang beberapa bengkel menyediakan aki rekondisi atau aki bekas. Harganya menarik, bahkan lebih murah dari aki mobil yang baru. Namun, kendala terbesar dari penggunaan aki rekondisi atau bekas ini adalah risiko gangguan kelistrikan pada mobil.

Biasanya aki bekas akan memiliki kapasitas dan daya yang tidak stabil dan sangat berisiko terhadap hal yang paling buruk dalam mobil, yaitu korsleting listrik.

Ingin tahu cara memilih aki mobil yang bagus? Hindari penggunaan aki bekas atau rekondisi.

4. Garansi dan merk aki

ini-tips-dan-cara-memilih-aki-yang-bagus-dan-tepat-untuk-mobil

Membeli barang dengan nilai yang besar pasti akan mempertimbangkan merk dan harganya. Hal yang sama juga terjadi pada aki mobil. Selain dua hal yang jadi pertimbangan tersebut, hal lain yang patut diperhatikan adalah masalah garansi.

Rata-rata garansi aki yang hadir di Indonesia biasanya berumur satu tahu. Selain itu, pastikan juga aki tersebut dilengkapi dengan garansi dari produsen.

Jika hanya bermodalkan garansi dari bengkel atau toko, sebaiknya kembali tanyakan apakah produsen tersebut memberikan garansi yang tepat untuk aki mobil yang dijualnya.

Baca juga: 4 Masalah yang Jadi Penyebab Aki Mobil Soak

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga