fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Ini Sebabnya Setir Mobil Manual Sulit Dikendalikan dan Terasa Berat
Article 01

Meskipun mobil dengan transmisi matic kian menjamur, namun bukan berarti mobil dengan transmisi manual ditinggalkan. Akan tetapi beberapa kendala sederhana untuk mengendalikan mobil manual yang kerap terjadi adalah soal setir mobilnya. Lalu, apa yang jadi penyebab setir mobil manual terasa berat?

Bahkan, ketika mobil manual ini sudah dilengkapi dengan power steering sekalipun? Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: Setir Mobil Kerap Bergetar, Cek, 4 Bagian Mobil Kamu Ini

Baca juga: Nyetir Tidak Nyaman? Kenali Gejala Kerusakan Pada Tie Rod Mobil

1. Kurangnya oli power steering

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kehadiran power steering memudahkan pengemudi di balik kemudi mobilnya. Namun, untuk beberapa kasus, power steering ini kemudian tidak bekerja dengan baik.

Salah satu penyebabnya adalah karena oli untuk power steering yang kurang. Apalagi, jika mobil digunakan dalam intensitas yang tinggi dan sudah lama. Oli power steering akan berkurang dan jika akan habis menjadi kering. Jika ini terjadi, pastikan untuk segera melakukan pengecekan apakan oli power steering tersebut sudah habis atau belum.

Jika sudah berganti warna, lakukan segera pergantian dengan oli yang baru.

2. Pompa untuk Power Steering


Selain oli, bagian pompa Power Steering mobil manual juga kerap menjadi penyebab setir mobil terasa berat. Jika tekanan pompa bermasalah dan lemah, maka bagian dari hidrolik tidak bekerja maksimal untuk power steering.

Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan segera di bengkel mobil terdekat untuk memastikan apakah bagian pompanya mengalami kerusakan. Jika memang diperlukan untuk pergantian, lakukan sesegera mungkin agar Power Steering dapat bekerja dengan maksimal.

3. Komponen setir rusak

Setir mobil terdiri dari beberapa bagian komponen yang tidak bisa dianggap remeh. Mulai dari gear, pinion hingga seal. Jika salah satu dari komponen-komponen setir mobil ini mengalami kerusakan, pastikan juga untuk melakukan pemeriksaan.

Salah satu yang kerap terjadi pada mobil manual adalah steering rack yang rusak dan jarang diketahui oleh pemilik mobil itu sendiri. Jika bagian steering rack yang terganggu, bukan tidak mungkin setir mobil manual terasa berat.

Lakukan segera pergantian bagian ini ke bengkel mobil terdekat untuk memastikan agar mobil yang digunakan dapat bekerja dengan baik, khususnya di bagian setir.

4. Cek Long Tie Road mobil

Masih terkait dengan komponen-komponen setir, kali Long Tie Road. Dalam komponen yang satu ini terdapat sebuah bola yang menjadi engsel dan berfungsi untuk menyambungkan rack steer menuju steering knuckle.

Jika ini terjadi pada mobil kamu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pergantian Long Tie Road yang baru. Jangan asal-asalan memilih bengkel mobil untuk pergantian komponen yang satu ini.

Hal ini untuk memastikan bahwa mobil dapat berjalan dengan baik di kemudian harinya.

5. Kondisi ban

Bagian lain yang harus diperiksa adalah kondisi ban mobil. Secara langsung kinerja setir akan berpengaruh pada ban mobil. Jika ban mobil kurang angin atau bahkan kempes, maka hal ini akan berpengaruh pada setir mobil. Salah satunya adalah setir mobil manual terasa berat.

Untuk itu, apa pun jenis perjalanan yang akan kamu lakukan pastikan untuk mengecek kondisi ban terlebih dahulu. Pastikan akan tekanan ban atau angin yang ada di dalam ban cukup untuk melakukan perjalanan.

Baca juga: Ban Mobil Benjol? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baca juga: Jika dibiarkan 5 Kerusakan Pada Ban Mobil Ini Bisa Berakibat Fatal

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi
Tips Merawat Ban Mobil Menjelang Tibanya Musim Hujan
Tips Merawat Ban Mobil Menjelang Tibanya Musim Hujan

Cara perawatan ban mobil di kala musim hujan bisa dilakukan dengan beberapa tips berikut ini

Innova Community Bergerak untuk Mencegah Covid-19
Innova Community Bergerak untuk Mencegah Covid-19

Kegiatan amal Innova Community di bulan puasa meringankan beban masyarakat yang terdampak karena bencana Covid-19

Baca juga